Merantau ke Jepang, Pekerjaan Pemuda Ini Tetap Seperti di Kampung Yakni Nyari Jerami

"Mereka mengira bekerja di Jepang itu menyenangkan, namun ternyata sama saja seperti di kampung halamannya yaitu mencari jerami atau damen."

Viral | 06 December 2022, 10:55
Merantau ke Jepang, Pekerjaan Pemuda Ini Tetap Seperti di Kampung Yakni Nyari Jerami

TamanPendidikan.com - Jepang menjadi salah satu negara yang diidam-idamkan banyak orang untuk merantau. Tak sedikit masyarakat Indonesia ingin pergi ke Jepang untuk berlibur hingga bekerja dan berakhir menetap di sana.

Negara sakura ini menyambut TKI yang datang untuk bekerja di sana. Hal ini karena banyak penduduk Jepang yang sudah berumur sehingga mereka kekurangan penduduk usia produktif. Sehingga negara tersebut kekurangan sumber daya manusia.

Banyak orang yang mengira bekerja di luar negeri seperti Jepang itu menyenangkan. Mereka membayangkan betapa bahagianya dapat bekerja di negara maju ini. Namun siapa sangka, realita tak sesuai dengan ekspektasi beberapa pemuda ini.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/ClLVupatErU/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Pemuda ini curhat dalam video yang diunggah oleh salah satu pemilik akun instagram @peternakeren. Mereka menceritakan bagaimana sulitnya kerja di Jepang.

Dalam video tersebut terlihat beberapa pemuda Indonesia yang merantau mengadu nasib mencari nafkah ke negeri sakura ini. Mereka terlihat berada di hamparan sawah yang baru saja panen padi. Terlihat tiga orang pemuda sedang mengumpulkan jerami sisa panen padi. Jerami yang mereka kumpulkan masihlah sangat banyak.

Satu persatu jerami mereka kumpulkan dan mereka gulung dan diikat kemudian dibawa ke lokasi peternakan menggunakan mobil box yang ada di samping mereka. Para pemuda ini mengeluh sambil menggulung jerami.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/ClLVupatErU/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Mereka mengira bekerja di Jepang itu menyenangkan, namun ternyata sama saja seperti di kampung halamannya yaitu mencari jerami atau damen. Berikut ini beberapa curhatan dari pemuda yang ada dalam video tersebut.

"Ehhh kerjo neng jepang koyo ngene iki, kerjo adoh podo wae koyo neng kampung," ujuar pria bertopi hitam.

Curhatan pemuda tersebut disambut oleh teman di sampingnya yang mengungkapkan keluhannya.

"Jarene kerjo neng Jepang ki mulyo, penak yoo kene tibak e golek damen," ujar pemuda yang mengenakan baju merah.

"Pacak e nyetil pas dolan, pas ngene iki pas kerjo heemmm," lanjutnya sambil menggulung jerami tersebut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/ClLVupatErU/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Video ini menuai komentar dari warganet. Hingga kini sudah lebih dari 6 ribu warganet yang menyukai video tersebut. Tak hanya itu banyak komentar yang mendoakan kelancaran bekerjaan untuk para pemuda di video tersebut.

"๐ŸคฒSemoga yg lagi merantau menjemput rejeki diberi kesehatan,keselamatan,kekuatan iman dan diberi rejaki halal yg melimpah seperti air sungai yg mengalir tiada henti๐ŸคฒAamiin YaaAllah." tulis akun @nu_rul2911.

"Semangat ya mas,, masku yo kerjo nk Jepang nk bagian peternakan ayam petelur semoga sehat selalu lancar rezekimu halal dan barokah ya mazeeeeeh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜," tulis akun @nazala_ra11

Namun ada pula komentar warganet yang tidak mempercayai jika lokasi tersebut berada di Jepang. Mereka menyindir halus dengan beberapa komentar yang mereka tuliskan berikut ini.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/ClLVupatErU/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Gopopo kui.. Biasane diikat ke mesin.. Trs di bungkus fermentasi," tulis akun @wardisuwardi826.

"Mas, neng jepang pas usum angin opo yo okeh layangan??? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚,"
tulis akun @new.sahne_kancane


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network