Mau Masuk PTN Favorit? Ini 8 Cara tembus SBMPTN 2020

"Cara tembus SBMPTN"

Feature | 18 October 2020, 10:27
Mau Masuk PTN Favorit? Ini 8 Cara tembus SBMPTN 2020

TamanPendidikan.com - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dengan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

LTMPT berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Jalur SBMPTN 2020 bisa menjadi obat sakit hati bagi calon mahasiswa yang gagal masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020.

Untuk masuk ke PTN favorit melalui jalur SBMPTN 2020 tidaklah mudah. Persaingan di jalur SBMPTN 2020 begitu ketat. Setiap calon mahasiswa baru harus benar-benar mempersiapkan diri supaya bisa lulus SBMPTN 2020 untuk masuk ke PTN favorit.

Berikut 8 cara tembus SBMPTN 2020 yang bisa kamu praktekkan supaya bisa duduk di bangku PTN pilihanmu yang telah dirangkum Taman Pendidikan dari berbagai sumber, pada Minggu (28/6/2020).

1. Cari informasi
TamanPendidikan.com

Foto: ltmpt.ac.id

Mencari informasi merupakan satu hal penting yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Ketinggalan informasi akan membuat kamu bingung di tengah jalan. Informasi yang lengkap dan jelas akan mempermulus langkahmu melalui tes SBMPTN 2020.

Ada begitu banyak informasi tentang SBMPTN 2020 yang harus kamu gali seperti jadwal pendaftaran dan penutupan SBMPTN, jadwal pendaftaran dan penutupan UTBK, informasi Perguruan Tinggi Negeri yang akan dituju, informasi Program Pendidikan (Prodi) yang dipilih, jenis soal UTBK dan nilai rata-rata yang dibutuhkan supaya bisa lulus masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit.

Pastikan informasi yang kamu peroleh berasal dari sumber yang jelas. Kunjungi website resmi perguruan tinggi tempat kamu mendaftar untuk mengetahui informasi mengenai program pendidikan pilihanmu.

Kunjungi situs resmi penyelenggara UTBK untuk mengetahui jadwal, syarat dan jenis soal UTBK yang diujikan pada saat tes nantinya.

2. Memaksimalkan nilai UTBK
TamanPendidikan.com

Foto: Tirto.ID

Tes UTBK dan SBMPTN merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Nilai yang kamu peroleh saat tes UTBK akan menentukan apakah kamu lulus SBMPTN atau tidak.

Informasi tentang nilai rata-rata yang dibutuhkan untuk lulus ke perguruan tinggi pilihan sangatlah penting. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa memasang target nilai yang harus diperoleh saat tes UTBK.

Kamu harus benar-benar mempersiapkan diri supaya bisa memperoleh nilai UTBK yang maksimal. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh nilai UTBK maksimal adalah melakukan latihan soal.

3. Latihan soal
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Melalui langkah mencari informasi, kamu sudah mengetahui jenis soal yang akan diujikan pada tes UTBK 2020. Kamu bisa fokus mempelajari materi yang akan diujikan pada tes UTBK. Hal ini bertujuan supaya waktumu tidak terbuang sia-sia saat belajar.

Latihan soal merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kamu benar-benar sudah menguasai materi yang akan diujikan pada saat tes UTBK nantinya.

Kamu bisa mengetahui bagian materi mana yang belum kamu pahami melalui latihan soal ini. Pelajari ulang bagian materi yang belum kamu pahami.

Setelah kamu yakin dan memahami materi yang tadinya belum kamu pahami, lakukan latihan soal lagi untuk menguji apakah materi yang kamu pelajari sudah benar-benar bisa menjadi modal untuk menjawab soal-soal UTBK pada saat tes nantinya.

4. Mengikuti Tryout
TamanPendidikan.com

Foto: ltmpt.ac.id

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh saat mengikuti Tryout. Mengikuti Tryout akan membuat mentalmu lebih siap menghadapi UTBK. Soal yang diujikan saat Tryout biasanya mirip dengan soal yang akan diujikan pada saat UTBK.

Selain latihan soal, kamu juga bisa merasakan atmosfer layaknya ujian sungguhan. Jika biasanya latihan soal menggunakan kertas, namun saat Tryout ini kamu menjawab soal langsung pada komputer.

Hasil yang kamu peroleh saat mengikuti Tryout bisa menjadi bahan evaluasi. Kamu bisa belajar lebih sungguh-sungguh apabila hasil Tryout dibawah rata-rata.

Selain latihan mengerjakan soal dan merasakan layaknya atmosfer ujian sungguhan, manfaat lain yang bisa kamu peroleh mengikuti Tryout adalah mendapatkan teman baru.

Mendapatkan teman baru sangatlah penting. Semakin banyak teman, maka semakin banyak pula informasi yang diperoleh. Kamu bisa saling bertukar informasi mengenai SBMPTN 2020 bersama mereka.

5. Strategi memilih program pendidikan yang tepat
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Saat melakukan pendaftaran SBMPTN, kamu diberikan kebebasan memilih dua Program Pendidikan. Pemilihan prodi ini juga menjadi penentu apakah kamu bisa lolos pada SBMPTN 2020 atau tidak. Pilihlah prodi sesuai dengan kemampuan dan minat.

Selain memilih prodi yang sesuai dengan kemampuan dan minat, kamu juga harus mempertimbangkan nilai UTBK kamu. Nilai UTBK ini menjadi faktor penentu apakah kamu diterima di PTN pilihanmu atau tidak.

Nilai UTBK ini akan di-ranking oleh perguruan tinggi pada proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Setelah kamu memperoleh informasi mengenai nilai rata-rata yang diperlukan untuk masuk ke PTN pilihanmu, maka kamu dengan mudah bisa menentukan pilihan yang tepat yang sesuai dengan nilai UTBK.

6. Pantau peluang dan persaingan
TamanPendidikan.com

Foto: ltmpt.ac.id

Selain mengetahui nilai rata-rata yang dibutuhkan untuk lulus SBMPTN 2020, kamu juga harus mengetahui kuota mahasiswa baru, jumlah peminat dan jumlah calon mahasiswa baru yang akan diterima pada PTN pilihanmu. Informasi ini sangat penting supaya kamu bisa mengetahui ketatnya persaingan.

Informasi persaingan ini dapat kamu cek di situs resmi LTMPT. Berikut cara cek ketatnya persaingan untuk lolos ke PTN pilihanmu.

a. Buka situs resmi ltmpt.ac.id

b. Setelah masuk ke dalam situs, klik bagian SBMPTN pada kolom kiri website.

c. Selanjutnya akan muncul daftar Perguruan Tinggi Negeri dan Politeknik Negeri.

d. Pilih universitas negeri yang akan kamu tuju

e. Terakhir, kamu akan melihat daya tampung yang disediakan PTN pilihanmu serta mengetahui peminat yang mendaftar pada SBMPTN 2020.

7. Jaga tubuh supaya tetap sehat
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Kesehatan tubuh merupakan hal yang paling penting diperhatikan untuk menghadapi tes UTBK 2020 dan SBMPTN. Jangan sampai kondisi tubuhmu tidak dalam keadaan sehat saat tes. Hal ini akan membuat kamu susah dalam mengerjakan soal dikarenakan otak tidak bisa berpikir jernih. Oleh karena itu, kamu harus menjaga supaya tubuhmu tetap dalam keadaan sehat. Mengomsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur dapat menjaga tubuh supaya tetap sehat. Berdoalah supaya selalu diberi kesehatan yang baik.

8. Berdoa
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Berdoa merupakan hal sederhana dan paling ampuh dalam pencapaian suatu keinginan. Jangan sampai kamu fokus belajar sehingga lupa berdoa.

Kamu pasti sering mendengar bahwa, untuk mencapai suatu keinginan harus disertai dengan usaha dan doa. Belajar sungguh-sungguh merupakan usaha yang harus dilengkapi dengan doa.

Itulah 8 cara tembus SBMPTN 2020 yang bisa kamu praktekkan supaya bisa masuk ke PTN favorit dengan jurusan yang sesuai dengan pilihanmu.

Selamat menempuh UTBK dan SBMPTN 2020, semoga mendapatkan hasil yang memuaskan yang dapat mengantarkanmu duduk di bangku kuliah PTN pilihanmu.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network