Ganasnya Pertarungan King Kobra Melawan Burung Sekretaris, Menegangkan

"Tak cuma burung elang yang jadi musuh King Kobra, ternyata burung Sekretaris juga jadi musuh King Kobra."

Viral | 13 February 2023, 07:49
Ganasnya Pertarungan King Kobra Melawan Burung Sekretaris, Menegangkan

TamanPendidikan.com - Burung sekretaris atau dalam bahasa asing disebut secretarybird adalah jenis burung pemangsa yang berasal dari genus Sagittarius. Mereka dikenal sebagai unggas terestrial karena ia tidak ditemukan di wilayah lain selain benua Afrika.

Burung Sekretaris memiliki nama ilmiah Sagitarius serpentarius, termasuk golongkan ordo Accipitriformes, namun tergabung dalam famili khusus yakni Sagittariidae. John F. Miller adalah orang pertama yang mempublikasikan hewan tersebut. Sedangkan nama genusnya diberikan oleh Johann Hermann, dari bahasa Latin yang berarti "pemanah."

Kata pemanah merujuk pada bentuk bulu pada kepala burung sekretaris yang seperti anak panah. Sedangkan julukan populernya adalah burung sekretaris karena dari penampilannya yang anggun.

Pertarungan Burung Sekretaris Melawan King Kobra

Meskipun burung sekretaris menjadi burung yang cantik di mata manusia, namun burung sekretaris ini adalah burung predator yang berbahaya. Burung sekretaris memangsa hewan seperti, kelinci, musang, kepiting, kura-kura bahkan ular. Terkadang mereka juga mengonsumsi telur burung.

Pada sebuah video dari Channel YouTube Vakta, diperlihatkan seekor ular yang menjadi sasaran burung sekretaris. Dua ekor burung sekretaris mengelilingi seekor ular king kobra dan menginjak-injaknya.
TamanPendidikan.com

ss YouTube: Vakta

Sambil menjaga jarak agar tidak diserang oleh ular king kobra, burung sekretaris melompat-lompat mendekat dan menjauh dari ular king kobra.
TamanPendidikan.com

ss YouTube: Vakta

Setelah burung itu tidak berdaya, akhirnya burung sekretaris mendapatkan daging segar dari ular king kobra.

Dari video yang ditampilkan, warganet memberikan beragam komentar. Berikut ini adalah beberapa komentar unik dari dari warganet. 

Akun atas nama Salahuddin Al Ayyubi mengatakan, "Ini burung dulu latihan beladiri ke mbak wewey wita istri dari mas denny, lihat aja tendangannya sangat mematikan sama kayak mbak wewey waktu tanding dengan peserta dari malaysia."

Sementara Ivan Kandella menambahkan, "kakinya jenjang,badan nya langsing, matanya indah blow, alisnya panjang. Pantas saja namanya sekretaris, tapi juga sangat mematikan."

Marthen luther menambahkan komentar, "Burung ini tidak disukai istri direktur, karena sering diajak keluar kota ikut seminar dan rapat."


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network