Macing di Sungai, Bapak Ini Strike Toman Monster Besar yang Cantik

"Menurut warganet, ikan predator cantik itu sudah mulai langka, sehingga lebih baik kalau dilepaskan (dirilis) saja alih-alih ditangkap begitu."

Viral | 07 March 2023, 02:20
Macing di Sungai, Bapak Ini Strike Toman Monster Besar yang Cantik

TamanPendidikan.com - Sebuah video yang menampilkan seorang angler strike toman monster besar nan cantik diunggah pada Youtube Sshort milik akun @Jumy Andes. Nampak jelas dalan video kalau  ikan toman itu berhasil ditepikan ke pinggir sungai oleh sang angler. Ikan toman itu memiliki warna dasar hitam dengan corak biru.

"Kita dapat Toman, motifnya terlalu cantik saudara," ujar pria pada video tersebut. "Ini dia Toman monsternya, cantik saudara," tambahnya.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/_9scGBJabMY

Ikan toman dalam video terlihat masih super segar, meskipun sudah berada di darat untuk beberapa saat. Tentu masih ada kail yang menancap pada mulut Ikan toman monster cantik itu, yang menandakan kalau ikan toman baru saja tersangkut kali yang dipasang angler.

Sebagaimana telah diketahui, ikan toman adalah salah satu jenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channa). Bahkan dari perawakannya saja, ikan itu benar-benar mirip dengan ikan gabus. Ciri tubuhnya meliputi kepala besar, mulut besar, serta gigi yang runcing.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/_9scGBJabMY

Selain itu, jika diamati lebih seksama lagi, tubuh ikan toman yang bulat panjang itu sekilas tampak seperti torpedo yang dilengkapi dengan ekor membulat. Konon, ikan toman itu dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter.

Meskipun ikan toman tergolong sebagai ikan yang buas, nyatanya ikan itu memiliki warna tubuh yang cantik sehingga sering dijadikan sebagai ikan hias. Warna ikan toman tak hanya seperti yang ada di video, tetapi akan sangat bervariasi sesuai dengan usianya. Pada saat berumur dua bulan ikan ini berwarna merah dengan garis orange dan hitam.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/_9scGBJabMY

Seiring bertambahnya umur ikan maka pola hitam kebiruan dan putih bagian atas cenderung lebih menonjol. Meskipun begitu, tetap saja warna dan tanda bagian tubuh ikan toman dewasa cukup bervariasi. Walau warna dasar tubuhnya sama-sama hitam, tetapi variasi itu akan tampak pada corak warna ikan seperti biru muda, hijau, abu-abu perak, hingga ungu.

Keindahan warna tubuhnya ini yang sering menarik para angler dan pecinta ikan hias. Bahkah warganet pun merasa kagum dengan keindahan warna tubuh ikan predator yang satu ini. Berikut ini beberapa komentar warganet mengenai kekaguman mereka pada warna tubuhnya.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/_9scGBJabMY

"Wiihh keren bang monster cantik," tulis akun @mas wahyu.

"Wah tomannya bagus," komentar akun @Catem Oppo.

Tak hanya kekaguman yang warganet tuliskan pada kolom komentar. Beberapa dari mereka juga ada yang menyayangkan dengan apa yang dilakukan pria berbaju singlet itu. Menurut warganet, ikan predator cantik itu sudah mulai langka, sehingga lebih baik kalau dilepaskan (dirilis) saja alih-alih ditangkap begitu.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/_9scGBJabMY

"Rilis om, agar anak cucu kelak bisa menikmati betapa indahnya casting saat disambar Toman 😍," tulis akun @1000 Milyar.

"Tolong lepaskan saudaraku😭😭 wkwk canda bang itu toman langka kerana warna biru," ujar akun @channa maru riau.

"Langka itu," tutur akun @Dwi Wardoyo.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network