Manjat Pohon, Ular Ini Masuk Sarang dan Mangsa Anak Burung

"Seekor ular pohon memangsa anak burung hanya dalam satu lahapan."

Viral | 19 March 2023, 01:59
Manjat Pohon, Ular Ini Masuk Sarang dan Mangsa Anak Burung

TamanPendidikan.com - Seekor ular pohon memangsa anak burung hanya dalam satu lahapan. Ular pohon ini memangsa anak burung itu di sarangnya.

Video ular mangsa anak burung ini diunggah oleh akun @memol_wildlife di Instagram. Mulanya, ular itu terlihat merayap dengan tenang di atas batang pohon. Ular ini lalu membuka mulutnya dan langsung mencaplok bulat-bulat sang anak burung yang sedang ditinggal oleh induknya.

Seekor ular memang mampu memanjat pohon dengan menggunakan kekuatan otot-otot tubuhnya. Dimulai dengan ia melingkarkan tubuhnya ke batang pohon kemudian perlahan-lahan mulai memanjat pohon dan mendekati mangsanya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/memol_wildlife_/

Dilansir dari National Geograpic, ular menjadi hewan yang sangat penting bagi ekosistemnya. Hal ini karena ular sebagai predator pemangsa dan dimangsa dalam rantai makanan. Dalam rantai makanan sawah, kehadiran ular mampu menjaga populasi tikus dan menjadi makanan bagi predator yang memangsa ular. Jika sebuah rantai makanan terjadi ketidakseimbangan atau terputus, maka salah satu ekosistemnya akan terjadi kelebihan populasi atau menjadi tidak terkontrol.

Ular masuk dalam tingkatan konsumen III atau konsumen tersier. Di mana ular memakan hewan-hewan pada konsumen II atau konsumen sekunder. Hewan pada konsumen sekunder ini seperti tikus atau katak yang memakan hewan-bewan herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan).

Kemudian ular menjadi mangsa predator atau konsumen IV yang menjadi tingakatan paling puncak. Ada beberapa hewan yang menjadi pemangsa ular. Untuk kelompok burung ada burung hantu dan elang. Kemudian ada juga ular yang memakan ular karena tingkatannya lebih tinggi.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/memol_wildlife_/

Selain itu, musang dan rubah juga menjadi hewan darat yang memangsa ular sebagai makanannya. Jika predator atau konsumen puncak ini banyak diburu oleh manusia atau mengalami populasi yang tidak seimbang, besar kemungkinan konsumen di bawahnya menjadi tidak seimbang.

Seperti dikutip dari laman Detik.com, seekor ular pohon biasa hidup di atas pohon, semak-semak atau pohon bambu baik di lingkungan perkebunan atau pun pemukiman warga. Adapun makanan favorit dari ular pohon adalah sejenis burung kecil, cicak dan kadal. 

Seperti dalam video singkat yang sempat viral unggahan @memol_wildlife itu, ular pohon memang memakan seekor anak burung hanya dalam sekali lahap.  Dalam rantai makanan, selain sebagai pemangsa, ular pohon ini juga menjadi mangsa bagi burung-burung besar (pemangsa), biawak dan juga jenis-jenis ular lain yang lebih besar.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network