Kampung ini Berada di Jawa Tengah Tetapi Warganya Lebih Fasih Berbahasa Sunda

"Warga di Jawa Tengah ini tidak berbahasa Jawa tapi lebih fasih berbahasa sunda"

Viral | 30 June 2023, 06:09
Kampung ini Berada di Jawa Tengah Tetapi Warganya Lebih Fasih Berbahasa Sunda

TamanPendidikan.com - Perbedaan latar belakang budaya, sejarah, dan letak geografis di wilayah indonesia mengakibatkan keberagaman Bahasa. Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari banyak suku, provinsi serta daerah sehingga memiliki banyak bahasa daerah. Salah satunya adalah bahasa yang ada di provinsi jawa tengah. Di Jawa Tengah sendiri, bahasa Jawa banyak macamnya. Biasanya yang paling membedakan terdengar dari dialeknya.

Namun, di kampung Guriang Desa Kuta Agung Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah, Warganya tidak berbahasa Jawa dan lebih fasih berbahasa sunda. Kampung ini terhalang oleh bukit dan berada di pelosok kabupaten cilacap jawa tengah.  Gambaran kampung tersebut diunggah dalam video oleh akun instagram @tahuekspres.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tahuekspres/

Kampung Guriang rupanya berdiri di tanah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Suasana pedesaan khas sunda sangat kental karena warganya menggunakan bahasa sunda. Menurut beberapa sumber warga kampung ini hanya terdiri dari 32 KK dan mayoritas berprofesi sebagai petani. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa sampai ke Kampung Guriang di Cilacap ini. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di balik bukit nan terjal.

Terlihat dalam video, jalanan yang terjal dan penuh dengan pepohonan rindang menjadi ciri khas dari kampung Guriang. Berada di dataran tinggi membuat suhu di Kampung Guriang sangat sejuk terutama jika pagi hari tiba. Kampung Guriang bisa menjadi salah satu tujuan untuk bisa menikmati suasana desa yang masih alami dan asri. Wisatawan yang datang pastinya akan betah berlama-lama di Kampung ini dan sejenak meninggalkan hiruk pikuk kota.

Tak hanya di Kampung Guriang yang menggunakan bahasa sunda meskipun berada di wilayah Jawa Tengah. Menurut beberapa warganet menyebutkan jika beberapa kecamatan di brebes dan cilacap menggunakan bahasa sunda. Bahkan di wilayah dieng ada yang menggunakan bahasa sunda. Berikut ini penuturan warganet yang dituliskan dalam kolom komentar.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tahuekspres/

Brebes 7 dari 17 kecamatan pake bahasa sunda min, ada 1 desa yg warganya pake 2 bahasa, ngapak sama sunda namanya desa ciseureuh, kampung jalawastu. Dikenal sbg baduynya jawa tengah. Monggo coba search informasinya..” tulis akun @amri.fadhilah.

Gk cuma kecamatan dayeuhluhur, majenang,cimanggu,karangpucung oge loba urang sunda,” tulis akun @pscscilacap.fans.

Saya pernah ke dieng ketemu kampung yg bicaranya sunda semua... katanya mereka keturunan orang bandung yang mukin disana untuk bertani,” tulis akun @ilyasharjalaksana.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network