Cara Warga Malaysia Masak Nasi Bersusun Saat Hajatan Ini Sangat Kreatif

"Warga Malasyia punya cara unik memasak nasi dalam jumlah besar untuk kebutuhan hajatan."

Viral | 08 July 2023, 09:02
Cara Warga Malaysia Masak Nasi Bersusun Saat Hajatan Ini Sangat Kreatif

TamanPendidikan.com - Warga Malasyia punya cara unik memasak nasi dalam jumlah besar untuk kebutuhan hajatan. Mereka memasak nasi secara bersusun dengan menggunakan nampan kaleng yang lebar.

Tayangan video cara warga Malasyia menanak nasi dalam jumlah besar ini diunggah oleh akun @hishambuyong di Instagram. Di tayangan itu, hal yang awal mula disiapkan yakni wajan besar yang dipanaskan ditungku perapian. Di wajan itu lalu didihkan air. Saat air telah mendidih lalu terlihat seseorang memasukkan daun pandan untuk aroma wewangian.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/hishambuyong/

Beberapa pria lalu membawa rangka besi yang telah didesain sedemikan rupa agar mampu memuat susunan periuk kaleng. Rangka besi ini diletakkan di atas wajah dengan air yang mendidih. Satu persatu nampan kaleng yang berisi beras lalu disusun meninggi.

Proses lalu berlanjut ke pengisian air pada masing-masing nampan. Pengisian air ini dilakukan menggunakan selang. Cara memasak nasi yang kreatif ini dilakukan di ruang terbuka dan secara gotong royong oleh sejumlah warga.

Sejumlah orang lalu terlihat membawa periuk besar untuk menutup nampan berisi beras yang disusun di rangka besi. Persis di bawah nampan agat tak ada celah lalu ditutup dengan kain basah. Proses memasak nasi dengan cara ini diinformasikan membutuhkan waktu selama 30 menit.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/hishambuyong/

Tiga puluh menit berlalu, terlihat kemudian, sejumlah orang membuka periuk. beras pun terlihat sudah tanak dan siap untuk dikonsumsi buat hajatan. Dengan hati-hati, nasi kemudian dipindahkan dari nampan ke wadah nasi.

Video menanank nasi dengan cara bersusun ini telah ditonton sebanyak 20 kali tayangan. Video tersebut mendapat berbagai komentar dari warganet.

"Akal dan pemikiran orang tua, walau pun tampak sederhana dari pemasak elektrik. Tapi ini super canggih ha." komentar @ngebakmiematahari.

"Wahhh menariknya rewang mcm ni. First time tengok," komentar @anazabidin.

"Tangan org dulu, ilmu berharga," tulis @shemadd71.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network