TamanPendidikan.com - Olahraga merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Ada banyak manfaat yang diperoleh setelah melakukan olahraga. Dae Yun Seo mengatakan bahwa olahraga dapat berkontribusi dalam mencegah perubahan patologis, mengobati berbagai penyakit kronis, dan mengurangi angka kematian.

Olahraga yang teratur juga dapat meningkatkan sistem imun. Sistem imun yang kuat dapat mencegah seseorang dari penularan virus corona Covid-19.

Bukti ilmiah lebih lanjut menunjukkan bahwa olahraga memainkan peran penting dalam meningkatkan komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan dan fungsi hormon.

Manfaat olahraga bagi kesehatan tidak bisa dianggap remeh. Orang yang jarang berolahraga akan mengalami penumpukan lemak di beberapa daerah tubuh, seperti dibagian perut dan paha. Jarang olahraga juga mengakibatkan otot menjadi kaku. Sebagian dampak positif akan langsung dirasakan setelah berolahraga, apalagi sampai bercucuran keringat.

Tubuh terasa ringan dan segar setelah berolahraga. Tidak heran jika banyak orang yang menyempatkan waktunya untuk melakukan aktivitas olahraga. Baik di pagi hari, sore hari maupun malam hari.

Selain membuat tubuh menjadi segar, berikut 10 manfaat olahraga bagi tubuh yang telah dirangkum Taman Pendidikan dari International Journal of Physical Education, Sports and Health yang ditulis oleh Mohammed Abou Elmagd, pada Kamis (28/5/2020).

1. Mengurangi stres

Foto: Pixabay

Olahraga teratur dapat membantu mengelola stres fisik dan mental. Olahraga juga meningkatkan konsentrasi norepinefrin, zat kimia yang dapat memoderasi respons otak terhadap stres. Pelatihan fisik aerobik dan anaerobik membantu kesehatan secara keseluruhan. Studi menunjukkan bahwa 30 menit berolahraga selama 5 hari atau lebih dalam seminggu dapat membantu menurunkan keputusasaan dan tekanan mental.

2. Kualitas tidur yang baik

Foto: Pixabay

Aktivitas fisik dapat membuat seseorang lebih lelah sehingga lebih siap untuk tidur. Kualitas tidur yang baik membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan dapat mengurangi stres.

3. Meningkatkan bahan kimia bahagia

Dalam beberapa kasus, olahraga bisa sama efektifnya dengan pil antidepresan dalam mengobati depresi. Tingkat energi yang lebih tinggi dihasilkan dari olahraga dapat membantu seseorang tetap segar dan bahagia. Mengikuti program olahraga yang cocok dapat menambah kesenangan dan kecerahan. Berolahraga hanya 30 menit beberapa kali seminggu dapat secara instan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Kebugaran fisik dapat meningkatkan harga diri dan meningkatkan citra diri yang positif. Olahraga dapat dengan cepat meningkatkan persepsi seseorang tentang daya tariknya, yaitu kepercayaan diri.

5. Meningkatkan kekuatan otak

Foto: Pixabay

Olahraga yang giat dapat meningkatkan kadar protein yang diturunkan dari otak (dikenal sebagai BDNF) dalam tubuh, yang diyakini membantu dalam pengambilan keputusan, pemikiran yang lebih tinggi, dan pembelajaran.

6. Mempertajam memori

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru. Berkeringat meningkatkan produksi sel dalam hippocampus yang bertanggung jawab untuk memori dan pembelajaran. Untuk alasan ini, penelitian telah menghubungkan perkembangan otak anak-anak dengan tingkat kebugaran fisik, tetapi kekuatan otak berbasis olahraga bukan hanya untuk anak-anak.

Olahraga teratur juga dapat meningkatkan daya ingat di kalangan orang dewasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berlari sprint dapat meningkatkan retensi kosakata di antara orang dewasa yang sehat.

7. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

Latihan melibatkan serangkaian kontraksi otot yang berkelanjutan, baik durasi panjang atau pendek, tergantung pada sifat aktivitas fisik. Kegiatan penguatan otot dapat membantu seseorang meningkatkan atau mempertahankan massa dan kekuatan ototnya.

Otot dan ligamen yang kuat mengurangi risiko nyeri sendi dan punggung bagian bawah dengan menjaga sendi agar tetap sejajar. Melakukan aktivitas fisik penguatan tulang yang intens dapat memperlambat hilangnya kepadatan tulang yang datang seiring bertambahnya usia.

8. Mengurangi risiko penyakit jantung

Foto: Pixabay

Saat berolahraga, jantung dapat memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh dan terus bekerja dengan efisiensi optimal dengan sedikit ketegangan. Olahraga teratur juga membantu menjaga pembuluh darah, memastikan aliran darah yang baik dan tekanan darah normal.

Olahraga harian membantu memperkuat otot-otot jantung. Aktivitas fisik harian mengurangi kemungkinan seseorang terkena stroke dan risiko penyakit jantung.

9. Mencegah obesitas

Foto: Pixabay

Olahraga dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Aktivitas fisik akan membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang dibakar.

Olahraga teratur dan nutrisi yang tepat dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Penurunan berat badan akan mencapai paling efektif ketika mengikuti latihan kardiovaskular dengan aktivitas intensitas sedang yang terakumulasi selama 5-7 hari per minggu.

10. Mencegah diabetes

Foto: Pixabay

Diabetes dan olahraga berjalan beriringan. Olahraga dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah, meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Aktivitas fisik dapat menurunkan glukosa darah hingga 24 jam atau lebih setelah berolahraga dengan membuat tubuh  lebih sensitif terhadap insulin.

Itulah 10 manfaat olahraga bagi tubuh. Semoga kita semakin rajin berolahraga setelah mengetahui manfaatnya.