Video Jangan Kata Mal, Petai Raksasa Juga Ada di Kalimantan

"Petai berukuran kurang lebih 1,2 meter ini sempat viral dipublik setelah tersebar video seorang pria yang sedang menenteng petai berukuran raksasa."

Feature | 17 July 2021, 02:28
Video Jangan Kata Mal, Petai Raksasa Juga Ada di Kalimantan

TamanPendidikan.com - Kalimantan merupakan salah satu pulau di Indonesia yang masih memiliki hutan yang tersebar luas meskipun dari tahun ketahun mengalami deforestasi akibat aktivitas industri kayu. Hutan di Kalimantan banyak dihuni flora maupun fauna yang unik dan bahkan tidak ditemukan di pulau lain.

Salah satu flora endemik Kalimantan adalah Entada rheedi. Tanaman merambat yang mampu tumbuh setinggi 12 meter dan memiliki buah seperti petai namun berukuran sangat besar. Penduduk setempat menyebutnya sebagai petai raksasa. Buah tersebut tidak diperuntukan untuk dikonsumsi sehari-hari kerena memiliki rasa yang pahit dan getir namun sebagian orang percaya buah tersebut bisa digunakan sebagai obat.

Akun Tiktok @@nebulatt mengupload sebuah video yang memperlihatkan petai raksasa tersebut. Namun sejatinya ini memang bukan petai yang biasa dikonsumsi.

"Bukan petai sih, menyerupai aja, ini tumbuhan liar endemik dari hutan Kalimantan," tulisnya.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@nebulatt/video/6976644491700620545?lang=en&is_copy_url=1&is_from_webapp=v1

Petai berukuran kurang lebih 1,2 meter ini sempat viral dipublik setelah tersebar video seorang pria yang sedang menenteng petai berukuran raksasa. Petai raksasa tersebut ditemukan di Kabupaten Sanggau. Setelah mendapatkan banyak perhatian publik, pihak cagar alam mulai melindungi tanaman tersebut.

Melihat video tersebut banyak warganet yang kaget dan tidak menyangka ada petai berukuran raksasa. Tapi melihat beberapa daerah hutan Kalimantan yang masih perawan, membuat warganet tidak heran dengan penemuan tumbuhan maupun hewan yang unik yang memiliki ukuran tidak biasa.

@nebulatt

Bukan petai sih, menyerupai aja, ini tumbuhan liar endemik dari hutan Kalimantan.

♬ Aduh Mamae Ada Cowo Baju Hitam (DJ Tik Tok Remix) - Mamae


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network