Video Hantaran Mempelai Pria Dibalas Lebih Mewah oleh Mempelai Wanita Ini Viral

"Berbagai jenis furnitur seperti lemari, tempat tidur dan rak kaca, meja makan dan berbagai perlengkapan rumah tangga lainnya diberikan pihak mempelai wanita."

Feature | 24 August 2021, 02:51
Video Hantaran Mempelai Pria Dibalas Lebih Mewah oleh Mempelai Wanita Ini Viral

TamanPendidikan.com - Dalam acara pernikahan, satu hal yang sudah menjadi tradisi adalah pemberian hantaran. Hantaran sendiri merupakan bingkisan berupa perhiasan, sembako dan perlengkapan rumah yang diberikan pihak pengantin pria sebagai bentuk penghormatan kepada pengantin wanita.

Berbeda dengan mahar, pemberian hantaran ini sebenarnya bukanlah kewajiban yang perlu dilakukan, namun karena sudah menjadi tradisi membuat pemberian hantaran menjadi salah satu yang tidak pernah terlewatkan. Beberapa adat di daerah tertentu bahkan sampai meminta hantaran yang bernilai fantastis, seperti kisah berikut ini

Sebuah video menjadi perbincangan publik setelah memperlihatkan sejumlah hantaran berupa sembako yang dibungkus dengan dalam parsel merah dalam jumlah banyak. Hantaran tersebut dari pijak mempelai laki-laki.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ariiopratama/video/6987940149145439514?lang=en&is_copy_url=1&is_from_webapp=v1

Video itu kemudian memperlihatkan hantaran dari pihak perempuan. Berbagai jenis furnitur seperti lemari, tempat tidur dan rak kaca, meja makan dan berbagai perlengkapan rumah tangga lainnya diberikan pihak mempelai wanita. Dalam keterangan video disebutkan bahwa sang pengantin pria telah membuat sebuah rumah untuk mereka tempati setelah menikah.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ariiopratama/video/6987940149145439514?lang=en&is_copy_url=1&is_from_webapp=v1

Berdasarkan keterangan video, hantaran tersebut diberikan oleh kedua belah pihak pengantin pria dan wanita sebagai salah satu bagian dari adat hantaran warga Kayu Agung OKI, Sumatrera Selatan.

Diketahui adat ini sudah berlangsung kurang lebih sejak 15 abad yang lalu, dan setelah perkembangan zaman, beberapa warga Kayu Agung masih menerapkan adat tersebut, sebagai bagian dari pelestarian tradisi.

Video yang diunggah oleh akun @ariiopratama ini sudah mendapatkan 24 ribu loves dan beragam komentar dari pengguna TikTok
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ariiopratama/video/6987940149145439514?lang=en&is_copy_url=1&is_from_webapp=v1

"Maaf kak gimana kalo si cowo nya bkn org brada kak apakah harus memaksakan harus beli semua brg2 buat hantaran??" tulis @adeevania1

"Klo yg gk mampu gimana atuh apa gk jd gtu nikah nya, serius nanya," tulis @faridalegacy

Beberapa warganet mempertanyakan bagaimana nasib pernikahan calon pengantin yang berasal dari keluarga yang tidak mampu,

"Biasanya tergantung dr RASAN atau diskusi keluarga, adat gini skrng udah flexible kekny" tulis @ariiopratama

Pengunggah video pun mencoba untuk menjelasan ketentuan dari adat sekarang, di mana semua tergantung pada hasil diskusi keluarga kedua belah pihak. Menurut pengunggah video dalam kondisi tertentu peraturan adat bisa bisa mentolerir.

@ariiopratama

ADAT HANTARAN KAYU AGUNG OKI SUMATERA SELATAN. INDONESIA EMNG KEREN. ##INDONESIAKece ##foryou ##foryoupage  ##fyp

♬ original sound  - Fani Rahmansyah


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network