Penemuan Bulus Seberat 45 Kg Ini Bikin Heboh

"Bulus berukuran raksasa ditemukan di Tangerang Selatan. Bulus raksasa tersebut diperkirakan seberat 40-45 Kg."

Viral | 10 September 2021, 04:34
Penemuan Bulus Seberat 45 Kg Ini Bikin Heboh

TamanPendidikan.com - Bulus berukuran raksasa ditemukan di Tangerang Selatan. Bulus raksasa tersebut diperkirakan seberat 40-45 Kg.

Penemuan bulus ini menghebohkan warga setempat karena berukuran raksasa dan ditemukan di sungai setempat. Bulus raksasa tersebut ditemukan oleh warga.

Video penemuan bulus tersebut diunggah oleh aku @uki_lintassatwa di Instagram. Diceritakan, dalam beberapa hari terakhir ini, di wilayah tersebut banyak ditemukan hewan air yang biasa disebut bulus.

"Fenomena Sungai..Beberapa Hari ini Banyak ditemukan hewan air yg biasa di sebut Bulus/labi-labi, pagi ini ditemukan kembali oleh warga @grahamasserpong Tangerang selatan dengan ukuran yg sangat besar," tulis @uki_lintassatwa di unggahannya.

TamanPendidikan.com

Bulus Raksasa temuan warga Tangerang Selatan

Bulus adalah hewan sejenis labi-labi atau kura-kura berpunggung lunak.Bulus juga termasuk dalam kategori penyu air tawar cangkang lunak (freshwater softshell turtle). 

Bentuk tubuh Bulus berbeda dengan kura-kura yakni sedikit bulat atau oval, pipih, dan tanpa sisik.Bulus mempunyai warna cangkang yang beragam, dari hitam hingga abu-abu tergantung spesiesnya. 

Bulus tidak mempunyai gigi dan rahangnya tertutup dengan paruh yang tajam. Hidung Bulus memanjang berbentuk tabuk seperti belalai dan lidahnya tebal, pendek, serta melekat di dasar mulut.

Bulus jantan dan bulus betina memiliki perbedaan pada bentuk ekornya. Bulus jantan memiliki ekor yang panjang, tebal, dan ada lubang kecil di dekat anus. Sedangkan Bulus betina ekornya lebih pendek.

Bulus yang ditemukan warga di Tangerang selatan ini  diperkirakan memiliki berat sekitar 40-45 kg.

"Dan saya perkirakan bulus ini berjenis kelamin Betina yg ingin bertelur naik ke atas (daratan pinggir sungai)," tulis @uki_lintassatwa di lanjutan narasi unggahannya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network