Kisah Kepala Sekolah Punya Harta Rp1,6 Triliun, Ini Sumber Kekayaannya

"Nurhali memiliki harta sebesar Rp1,6 triliun. Tepatnya Rp1.602.036.800.000. Nurhali pun viral menjadi bahan berita."

Viral | 15 September 2021, 03:01
Kisah Kepala Sekolah Punya Harta Rp1,6 Triliun, Ini Sumber Kekayaannya

TamanPendidikan.com - KPK merilis pejabat terkaya di Tanah Air yang melaporkan harta kekayaannya pada lembaga tersebut. Namun diatara para pejabat tersebut ada sosok yang membetot perhatian publik. Dia adalah Nurhali. Seorang kepala Sekolah SMKN 5 Kota Tangerang.

Nurhali memiliki harta sebesar Rp1,6 triliun. Tepatnya Rp1.602.036.800.000. Nurhali pun viral menjadi bahan berita. Karena mana mungkin seorang kepala sekolah SMK bisa memiliki kekayaan sebanyak itu.
TamanPendidikan.com

Nurhali.jpg

Usut-usut punya usut, kekayaan tersebut berasal dari harta warisan. Nurhali mengaku harta kekayaannya itu sebagian besar berupa tanah warisan. "Warisan saya dan istri," ujarnya.

Nurhali mengatakan harta warisannya itu berupa tanah di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Nilai tanah itu sangat fantastis. Dalam LHKPN tertulis tanah tersebut bernilai Rp 1,6 triliun.

Selain itu, Nurhali dan istrinya memiliki warisan dua bidang tanah di Kota Tangerang dengan total nilai Rp 850 juta, tanah milik sendiri di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Rp 500 juta.

Menurut Nurhali, harta tak bergerak itu telah ia miliki sejak lama, sebelum dia menikah. Kini dia telah memiliki lima orang cucu dari empat anaknya.
TamanPendidikan.com

Harta Nurhali.jpg

Nurhali mengatakan dia dan istrinya tidak punya usaha dan bisnis apapun. Pekerjaan Nurhali hanya sebagai ASN dan menjabat Kepala Sekolah SMKN 5 Kota Tangerang sejak tahun 2011.

"Istri saya hanya ibu rumah tangga biasa, dulu pernah kerja di swasta tapi sudah lama berhenti."

Nurhali sendiritidak merasa menjadi orang kaya. Menurutnya, kondisi keluarganya mereka juga biasa-biasa saja. Bahkan, rumah yang dihuninya saat ini berada di dekat kuburan.

"Saya enggak merasa (Kepsek terkaya) kok, kalau kata orang beda saja," paparnya.

"Saya tidak merasa, saya tidak merasa seperti itu ya diabaikan. Biasa-biasa saja kok, rumah saya dekat kuburan. Biasa saja," tutupnya.

Pada tahun 2019 lalu, Nurhali juga memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK dengan total harta kekayaan Rp. 1.602.036.800.000

Dengan harta sebanyak Rp 1,6 triliun, Nurhali berada di urutan ke-7 pejabat terkaya di Indonesia. Dalam daftar pejabat paling kaya, Nurhali dua level di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang memiliki total kekayaan sebesar Rp 2,02 triliun.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network