Sebut Wayang dari Malaysia, Adidas Dikecam Warganet Saat Peluncuran UltraBoost

"Keterangan yang tertera disebut secara gamblang jika wayang kulit yang menjadi motif pada sepatu tersebut hadir dalam rangka merayakan warisan budaya Malaysia melalui pandangan seorang Design Artist, Jaemy Choong"

Viral | 16 November 2021, 03:53
Sebut Wayang dari Malaysia, Adidas Dikecam Warganet Saat Peluncuran UltraBoost

TamanPendidikan.com - Brand sepatu kesohor Adidas membuat warganet Tanah Air murka. Hal ini lantaran brand asal Jerman itu mengklaim jika kebudayaan wayang merupakan warisan budaya Malaysia ketika mempromosikan sepatu.

Dalam video yang diunggah akun Adidas Singapura tersebut menampilkan sepatu jenis UltraBoost dengan desain gambar Wayang Kulit. Tidak ada yang salah dalam desain gambar tersebut. Namun dalam keterangan  yang tertera disebut secara gamblang jika wayang kulit yang menjadi motif pada sepatu tersebut hadir dalam rangka merayakan warisan budaya Malaysia melalui pandangan seorang Design Artist, Jaemy Choong
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CWDRAFUFagl/

Tak hanya itu, tertulis juga bahwa sepatu ini memiliki desain yang berbicara mengenai rasa hormat terhadap Wayang kulit sebagai bagian penting dari identitas budaya dan warisan Malaysia dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan warna-warna modern.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CWDRAFUFagl/

"Celebrate Malaysia's cultural heritage through @JAEMYC's eyes, in our next #UltraBOOST DNA City Pack!. The design speaks of paying homage to Wayang Kulit, a significant part of Malaysia's cultural identity and heritage by fusing elements of Wayang Kulit with a modern colour palette, in a “old-meets-new” approach on the UltraBOOST DNA. (Merayakan warisan budaya dalam sudut pandang @JAEMYC's, #UltraBOOST DNA City Pack!. Desain sepatu sebagai bentuk penghormatan terhadap Wayang Kulit, yang menjadi bagian penting identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan warna-warna modern, dalam pendekatan 'lama-bertemu-baru' pada DNA UltraBOOST)," tulis akun tersebut.

Unggahan yang telah dilihat lebih dari ribuan kali kemudian mendapat respon negatif dari warganet Indonesia. Dalam kolom komentar, mereka menyampaikan protes keras.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CWDRAFUFagl/

"Wayang from Indonesia. Pinter sedikit lah apa apa ko Malaysia. Malaysia mah Ampe mie instan juga di akuin. Malu banget sekelas Adidas aja ga ngerti warisna budaya suatu negara," tulis akun @randinnnni.

"WTFFFF?????? WAYANG IS INDONESIAN CULTURE😡😡😡," tulis akun @cigsaftercuddle.

"lmao wayang is an indonesian culture, learn before sharing something😂," tulis akun @lerassdihati.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CWDRAFUFagl/

Namun ketika banyak diprotes Adidas segera mengganti keterangannya menjadi: "Originating from Indonesia, Wayang Kulit has inspired other parts of Southeast Asia. The #UltraBOOST DNA City Pack design pays homage to the artform by fusing elements of Wayang Kulit with a modern color palette, in an 'old-meets-new' approach on the UltraBOOST DNA. The pack launches on 11 November 2021. Save the date!"


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network