Punya Wajah Mirip Buronan Seharga Rp1,5 M, Pria Ini Ditangkap 5 Kali dalam 3 Hari

"Untuk bisa menangkap sang buronan, polisi mengeluarkan sayembara dengan nilai Rp1,5 miliar."

Viral | 12 December 2021, 13:24
Punya Wajah Mirip Buronan Seharga Rp1,5 M, Pria Ini Ditangkap 5 Kali dalam 3 Hari

TamanPendidikan.com - Seorang pria China baru-baru ini melewati minggu terburuk sepanjang hidupnya. Hal ini terjadi setelah dia ditangkap lima kali oleh pihak yang berwajib hanya dalam tiga hari karena kemiripannya yang luar biasa dengan seorang pelarian penjara yang masih buron.

Dikutip dari situs odditycentral.com, kisah ini bermula pada Oktober 2021 lalu dimana seorang penjahat bernama Zhu Xianjian berhasil melarikan diri dari penjara di Provinsi Jilin, Tiongkok Timur Laut. Pihak berwenang bergegas untuk menemukannya, tetapi setelah menghabiskan waktu dan sumber daya yang berharga sang buronan belum juga tertangkap.

Polisi akhirnya terpaksa menawarkan sayembara dengan hadiah sebesar 150.000 yuan (Rp 338 juta), untuk informasi tentang keberadaan buronan. Hadiah sayembara ini kemudian dinaikkan hingga menjadi 700.000 yuan (Rp1,5 miliar) untuk bisa menangkap sang buronan.

Nilai sayembara yang fantastis ini membuat Zhu menjadi target yang berharga di bagian China di mana pendapatan bulanan rata-rata hanya 2.000 yuan (Rp4,5 juta). Karena besarnya nominal sayembara membuat seorang pria yang memiliki wajah mirip dengan sang buronan menjadi sangat menderita. Pria tersebut telah ditangkap oleh polisi tidak kurang dari lima kali dalam tiga hari.

The Global Times baru-baru ini melaporkan kisah yang tidak terduga tentang seorang pria yang tidak disebutkan namanya dari kota Baicheng, yang dilaporkan ke polisi lima kali karena kemiripannya dengan Zhu Xianjian. Rekaman video menunjukkan pria yang mengenakan jaket biru di sebelah foto penjara Zhu, dan tidak dapat disangkal bahwa keduanya terlihat sangat mirip.

Sayangnya untuk orang yang tidak bersalah, foto Zhu dan hadiah uang yang ditawarkan oleh pihak berwenang untuk informasi tentang keberadaannya menjadi berita utama di stasiun TV di seluruh Provinsi Jilin, membuatnya menjadi target berjalan. Fakta bahwa dia memiliki fitur wajah yang sama dan bahkan potongan rambut yang sama dengan Zhu juga tidak banyak membantu.

Untungnya, mimpi buruk pria itu berakhir pada 28 November lalu, ketika Zhu Xianjian yang asli akhirnya ditangkap oleh polisi. Selama cobaan yang luar biasa, netizen China merekomendasikan agar dia memakai ID-nya di lehernya setiap saat. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network