Viral Tanaman Sirih Bumi yang Ternyata Punya Banyak Manfaat

"Tanaman Sirih Bumi yang kerap dianggap tanaman liar ternyata punya banyak manfaat sebagai sarana pengobatan."

Viral | 28 January 2022, 01:01
Viral Tanaman Sirih Bumi yang Ternyata Punya Banyak Manfaat

TamanPendidikan.com - Tanaman Sirih Bumi yang kerap dianggap tanaman liar ternyata punya banyak manfaat sebagai sarana pengobatan. Khasiat Sirih Bumi bisa untuk mengobati jerawat, bisul, radang kulit, abses, luka bakar, rheumatik, luka memear, penyakit ginjal sampai asam urat.

Tanaman ini umumnya tumbuh liar di halaman rumah, sehingga tidak sulit untuk didapatkan.

Pengetahuan tentang manfaat sirih bumi ini dibagikan oleh akun @jurnal_kerajaan di Instagram. Di tayangan itu, sirih bumi didapatkan di pinggiran jalan di antara rerumputan liar.

"Aku nemu harta karun," kata @jurnal_kerajaan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CX4n0VChrfe/

Tanaman ini memiliki ciri-ciri daun berbentuk hati. Warna daun hijau mengkilap. Di antara daunan juga terdapat butiran putik.

Tanaman sirih bumi ini juga dapat dimakan mentah-mentah setelah dicuci bersih. Tanaman ini juga cocok disantap dengan bumbu pecel. Sedang @jurnal_kerajaan menyontohkan mengolah tanaman sirih bumi ini sebagai toping omelet atau telur dadar.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CX4n0VChrfe/

"Aslinya masih banyak tanaman liar di halaman yg belum dimanfaatkan dengan baik, jd pe er selanjutnya. Yang hari ini gabut mau ngapain, boleh tuh cek2 halaman rumah. Siapa tau nemu si sirih bumi ini," saran @jurnal_kerajaan.

Unggahan video tanaman Sirih Bumi tersebut viral dan telah ditonton sebanyak 122 ribu kali lebih. Banyak warganet yang ternyata baru mengetahui berbagai manfaat sirih bumi.

"dulu sering nemu pi cuma di pake main masak"an trnyata manfaat nya bnyak ya baru tau loh 🤦😅," komentar @linda_apandi.

"Oh. Iyaa ada deh di halamanku mlh aku cabutin kirain hama 😂 duh kudu byk belajar nih 😍 rasanya mirip sayur apa mba? Hehe," tulis @kata_living.

"ternyata bisa dimakan? ini mah dulu kupake buat masak2an. buat ngehasilin warna ijo. diulek2 terus dikasih air, terus diperes. hahahahaha," kata @ndaaagista.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network