Ikan Ini Diburu Kolektor dan Dihargai Senilai Mobil Pajero

"Ikan dengan postur badan panjang dan kepala memiliki moncong ini diburu kolektor dengan harga mahal."

Viral | 19 April 2022, 04:05
Ikan Ini Diburu Kolektor dan Dihargai Senilai Mobil Pajero

TamanPendidikan.com - Ikan dengan postur badan panjang dan kepala memiliki moncong ini diburu kolektor dengan harga mahal. Contoh penampakan ikan mahal itu diunggah oleh @pejuang_brondol di TikTok.

"ada yang punya gak nih..? seharga pajero," tulis @pejuang_brondol.

Melihat ciri fisiknya, ikan tersebut tergolong dalam aligator. Ikan ini memiliki bentuk kepala seperti buaya dengan moncongnya. Bentuk tubuhnya memanjang menyerupai torpedo.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@pejuang_brondol

"Kalau ada yang nemu ikan seperti ini. saya berani bayar mahal..!!," tersemat tulisan di video.

Nampak di video, ikan tersebut dipelihara di kolam. Jika benar aligator maka ikan ini merupakan salah satu makhluk hidup nokturnal yang lebih aktif di malam hari. Aligator sering terbaring dan terdiam pada air kemudian melayang pelan-pelan.

Di sisi lain, ikan aligator merupakan salah satu jenis ikan yang berbahaya karena memiliki sifat invasif. Ikan ini dapat tumbuh secara cepat dan mengancam satwa endemik lainnya.

Di Indonesia, pelarangan memelihara ikan aligator diatur dalam Undang-undang Nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@pejuang_brondol

Peraturan tersebut dibuat karena spesies ini dianggap membahayakan ekosistem dan memangsa sejumlah ikan endemik Indonesia.

Dalam peraturan tersebut, menyantumkan bahwa ikan aligator tidak boleh dipelihara, diperdagangkan, dan dilepasliarkan di wilayah Indonesia. Bagi yang nekat melanggar aturan ini pun akan terkena sanksi berat.

Pemelihara spesies ikan ini akan dikenai hukuman pidana penjara 6 tahun dan dendan Rp1,5 miliar. Jika melepasliarkan spesies ikan ini akan dikenai pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 2 miliar.

@pejuang_brondol ada yang punya gak nih..? seharga pajero #ikanmahal #unik #langka #fypシ ♬ Aku lagi kere tutututut versi Paijo - PAIJO


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network