Bikin Kagum, Bocah Ini Terekam Sedang Tayamum dan Salat di Bus

"Pada video tersebut terlihat seorang bocah laki-laki yang tengah duduk sendirian di bus. Sebelah kursinya dipenuhi oleh barang-barang, sementara kursi yang ia tempati terlihat bersih."

Viral | 07 June 2022, 15:49
Bikin Kagum, Bocah Ini Terekam Sedang Tayamum dan Salat di Bus

TamanPendidikan.com - Salat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam yang sudah memasuki usia baligh. Dalam Islam walaupun berada dalam perjalanan, setiap muslim harus menunaikannya. Tak terkecuali saat sedang menempuh perjalanan jauh, baik melalui jalur darat maupun udara. Namun dalam hal ibadah Islam selalu memberikan cara mudah bagi umatnya. Salah satu contohnya cara menyucikan diri saat hendak salat di perjalanan.

Sebelum melaksanakan ibadah salat, umat Islam perlu bersuci terlebih dahulu dengan cara berwudhu. Wudhu biasanya dilakukan menggunakan air. Akan tetapi saat dalam perjalanan dengan menggunakan kendaraan yang di mana sangat minim air, maka diperbolehkan tayamum. Tayamum adalah cara bersuci dari hadas kecil dengan menggunakan debu sebagai pengganti air.

Hal ini yang dilakukan oleh salah satu bocah penumpang bus. Aksi bocah ini direkam oleh salah satu penumpang di kursi seberang di mana bocah ini duduk, kemudian video tersebut diunggah oleh salah satu akun Instagram @statusfakta. Pada video tersebut terlihat seorang bocah laki-laki yang tengah duduk sendirian di bus. Sebelah kursinya dipenuhi oleh barang-barang, sementara kursi yang ia tempati terlihat bersih.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CedeMripYmg/

Bocah laki-laki berbaju coklat muda ini kemudian menempelkan tanganya di kursi depannya. Selanjutnya ia mengusapkan ke bagian wajah. Rupanya ia sedang melakukan tayamum sebagai syarat untuk bisa melaksanakan salat. Benar saja, bocah itu selanjutnya melaksanakan salat di kursinya.

Tanpa ada orangtua di sampingnya, bocah itu terlihat lancar melaksanakan salat seorang diri. Walaupun tanpa mengawasan orangtuanya ia tetap melaksanakan kewajibannya beribadah yaitu salat.

Video tersebut sontak membuat kagum warganet yang melihatnya. Mereka kagum dengan kedisiplinan bocah cilik itu pada kewajibannya beribadah. Hal ini mereka tulis pada kolom komentar.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CedeMripYmg/

"Apa mungkin dia anak pondok? Sangat beruntung bgt org tuanya pnya anak yg sholeh sperti itu? Klo bukn didikan pondok pesantren, berarti emg didikan ortunnya luar biasa," tulis akun @ s_t.ririe.

"Tetep tayamum meski caranya masih salah yang penting sudah ada usaha mantab dik," tulis akun @ajie_ja.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network