Penyelamatan Ular Kobra yang Terjebak Lakban Ini Bikin Ngeri

"Video yang diunggah oleh akun @ayalanaro memperlihatkan sebuah usaha penyelamatan ular kobra yang terjebak pada lakban."

Viral | 02 July 2022, 18:10
Penyelamatan Ular Kobra yang Terjebak Lakban Ini Bikin Ngeri

TamanPendidikan.com - Ular merupakan salah satu jenis reptil yang mudah dikenali karena tidak memiliki kaki seperti reptil lainnya. Di Indonesia, terdapat sekitar 400 jenis ular dengan 110 jenis merupakan ular berbisa. Sebagian besar ular berbisa hidup di laut dan hanya 35 jenis yang hidup di darat.

Salah satu ular berbisa adalah kobra. Ular kobra merupakan reptil yang masuk ke dalam golongan Apendiks II. Apendiks II ini merupakan daftar spesies yang tidak mengalami kepunahan, tetapi dapat terancam punah apabila perdagangan terus dilakukan tanpa adanya pengaturan.

Dalam kondisi terancam, ular kobra akan mengembangkan leher dan menegakkan badannya, kemudian siap menyemprotkan bisa kepada lawannya. Ular kobra mampu menyemburkan bisa terhadap lawannya sejauh 1 meter. Ular berbisa tinggi memiliki ciri-ciri yaitu adanya perbedaan bentuk antara kepala dan leher, kepala lebar dengan tudung memanjang, serta moncong yang membulat.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ayalanaro/video/7082613083671121179?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&q=ularkobra

Belum lama ini, seekor ular kobra menjadi viral setelah disaksikan lebih dari 56 ribu kali. Video yang diunggah oleh akun @ayalanaro memperlihatkan sebuah usaha penyelamatan ular kobra yang terjebak pada lakban.

Pemilik sekaligus pengunggah video tampak memberikan beberapa perlakuan sebelum ular dilepaskan dari jerat lakban. Meskipun ular kobra sedang berada dalam kondisi terjebak, proses rescue ular kobra tersebut tetap tampak mengerikan bagi sebagian warganet yang menyaksikan.

Proses penyelamatan ular kobra pertama-tama pengunggah memindahkan ular kobra yang terjerat lakban kedalam sebuah wadah toples yang sudah diberi lubang. Setelah itu ia menutup kepala ular menggunakan tutup plastik agar ular tidak menggigit atau menyemburkan bisa. Kemudian perlahan lakban yang menempel di tubuh ular diambil menggunakan minyak yang dilumuri pada tubuhnya agar lebih mudah untuk dilepas dan meminimalisir rasa sakit.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ayalanaro/video/7082613083671121179?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&q=ularkobra

Butuh waktu 30 menit untuk proses pelepasan lakban yang menempel pada tubuh ular. Setelah itu tutup plastik yang ada di kepala ular dibuka. Kemudian ular dimandikan dengan cara memberi wadah berisi air di samping ular, agar ia berendam meredakan rasa sakit dari sisiknya yang mengelupas tertarik lakban.

Jika dirasa ular sudah membaik, ia akan dilepaskan ke habitat aslinya. Perekam menyampaikan jika proses rescue ini sangat berbahaya, jadi bagi warganet yang menyaksikan dilarang untuk meniru.

Video berdurasi singkat tersebut pun menuai beragam komentar dari warganet TikTok. Sebagian warganet tampaknya penasaran bagaimana cara menyelamatkan ular kobra agar sang penyelamat tetap aman dan tidak digigit.

"Itu gimana caranya pas lepasin lakban ga digigit?", tulis akun @forbeesh yang langsung mendapat jawaban dari sang pengunggah video,"Itu kepalanya aku kasih helm πŸ˜‚πŸ˜‚ , pake tutup botol bekas. Tapi tetep riskan banget sih, harus hati-hati banget".
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ayalanaro/video/7082613083671121179?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&q=ularkobra

"Kok bisa kena lakban 😭😭", komentar akun @yourbby yang juga langsung ditanggapi oleh pengunggah video,"Ini juga aku gatau 😭, aku tanya ke orang yang ngelapor katanya udah begitu pas ketemu ularnya", jawab akun @ayalanaro.

@ayalanaro rescue spitting cobra kena lakban πŸ₯ΊπŸ #snake #rescue #binatang #hewan #animalrescue #ular #rescueanimals #kobra #cobra #ularkobra #fyp #foryoupage ♬ So Strange (feat. Cuco) - Polyphia


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network