SD Negeri di Ponorogo Ini Cuma Punya Murid Seorang Siswa di Kelas 1

"Sekolah Dasar (SD) Negeri Jalen, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur menerima satu siswa di kelas 1 pada PPDB tahun 2022"

Viral | 18 July 2022, 06:01
SD Negeri di Ponorogo Ini Cuma Punya Murid Seorang Siswa di Kelas 1

TamanPendidikan.com - Sekolah Dasar (SD) Negeri Jalen, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur menerima satu siswa di kelas 1 pada PPDB tahun 2022 ini. Satu siswa tersebut, satu-satunya siswa  yang mendaftar di sekolah tersebut.

Praktis pada tahun ajaran baru ini, kelas 1 SDN Jalen hanya menerima 1 anak. Siwa tersebut beranam Khoirul.

Informasi SD Negeri di Ponorogo yang cuma punya murid seorang siswa di kelas 1 ini diunggah oleh akun @viralkak di Instagram. Terinformasikan bahwa siswa yang mendaftar itu, Khoirul adalah warga yang rumahnya tidak jauh dari sekolah. Kata Kepala SDN Jalen Ponorogo, Dedi Agung Nugroho, alasan orangtua Khoirul tetap menyekolahkan anaknya di SDN Jalen, karena kakaknya dulu juga alumni SD tersebut.

TamanPendidikan.com

1 siswa 1.jpg

Meski kelas 1 hanya ada diisi satu siswa, kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dilaksanakan. Untuk sementara, ruangannya digabungkan dengan kelas 2 yang siswanya ada 3 anak.

"Dedi menjelaskan jika saat ini total siswa di SDN Jalen ada 34 siswa. Sejak 5 tahun terakhir, sekolah ini mengalami penurunan jumlah murid. Pada PPBD tahun lalu, siswa yang mendaftarkan diri berjumlah 3 siswa," kata Kepala SDN Jalen Ponorogo, Dedi Agung Nugroho sebagaimana dikutip @viralkak.

Salah satu faktor penurunan siswa di SDN Jalen, karena kalah saing dengan sekolah swasta. Pihak SDN Jalen mengklaim sudah berupaya keras menjaring siswa peserta didik baru.

Praktinya, para guru sudah melakukan sosialisasi ke taman kanak-kanak (TK) di Desa Jalen dan sekitarnya. Namun, nampaknya usaha-usaha itu belum membuahkan hasil.

Informasi SD Negeri di Ponorogo yang cuma punya murid seorang siswa di kelas 1 ini mendapat berbagi tanggapan dari warganet.

"Enakkk nya berasa privat.. Ga akan di banding2 kan wkwk krn rengking 1 terus," komentar @safieradelimaap.

"auto rangking 1," tulis @coki_gbr.

"Mau nyontek ke siapa nnti😂," canda @novie01234


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network