Viral Buah Kelapa Hutan Papua, Mirip Nangka & Duren Bikin Warganet Penasaran Isinya

"Buah kelapa hutan Papuan ini memiliki bentuk mirip nangka dan duren."

Viral | 04 November 2022, 05:34
Viral Buah Kelapa Hutan Papua, Mirip Nangka & Duren Bikin Warganet Penasaran Isinya

TamanPendidikan.com - Buah kelapa hutan Papuan ini memiliki bentuk mirip nangka dan duren. Buah tersebut disebut Woromo (Pandanus golabus) dengan ciri daging buahnya mirip dengan kelapa.

Video buah kelapa hutan papua ini diunggah oleh akun @indoflashlight di Instagram. Di tayangan video yang telah ditonton ribuan kali tayangan ini, nampak buah tersebut baru dipetik dari pohon. Beberapa buah butir buah ini dikumpulkan di tanah.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/indoflashlight/

Dari informasi yang diterakan oleh @indoflashlight, buah ini mudah ditemui di pegunungan tengah Papua. Umumnya buah ini dijual per tumpuk atau per karung.

"Unik! Kelapa Hutan Papua Mirip Nangka / Durian," tulis @indoflashlight di judul narasi unggahannya.

Buah Woromo dijelaskan dapat dimakan langsung. Bisa pula buah unik ini diolah dengan cara barapen atau pengasapan.

Tanaman ini masuk dalam keluarga pandan (pandaneceae). Buah yang mirip nangka dan durian ini merupakan tanaman endemik Papua dan banyak tumbuh di kawasan pegunungan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/indoflashlight/

Karena masih masuk dalam jenis pandan, tanaman ini memiliki bentuk daun yang mirip seperti pandan berduri. Daunnya memanjang dan terdapat duri pada bagian pinggirnya. Untuk mendapatkan buah ini juga tidaklah mudah karena harus menyisih dedaunan penuh duri yang tumbuh rimbun.

Video buah kelapa hutan papua ini membuat warganet penasaran.

"Belah duren udah biasa. Belah kelapa hutan belum pernah. Ingin lihat dalemnya tapi ga ada videonya," komentar @joharium.

"Di Wamena kami sebutnya TUKE. Bisa dimakan dgn dipanggang bagian luarnya, lalu isinya dimakan, atau langsung. Rasanya mirip kelapa muda. Isinya diambil satu-satu yah, kulitnya keras jd kalo gigi gak kuat, bukanya pake batu," tulis @rioalbert.

"Yah kok gajadi dibuka, padahal aku penasaran isi dlm nya kek mana," kata @annisaoktavinanda15.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network