Daun Ini Dipenuhi Pacet, Siap Mengisap Darah Pendaki yang Lewat dan Tak Waspada

"Satu daun dapat dipenuhi lebih dari sepuluh pacet. Padahal daun tersebut berukuran kecil."

Viral | 08 November 2022, 04:12
Daun Ini Dipenuhi Pacet, Siap Mengisap Darah Pendaki yang Lewat dan Tak Waspada

TamanPendidikan.com - Pengalaman naik gunung menjadi salah satu momen yang tak terlupakan dalam hidup seseorang. Rasa letih saat mendaki bukit yang menanjak serta melewati beragam jalan yang licin dan berbatu merupakan perjuangan yang harus dihadapi sebelum sampai di puncak.

Meskipun menyenangkan namun kita wajib menjaga kesehatan tubuh dan menghindari bahaya. Salah satu bahaya yang mungkin dapat terjadi saat naik gunung adalah digigit pacet atau lintah. Pacet habitatnya di tempat yang lembab, tak heran persebarannya banyak sekali di daerah pegunungan yang sangat lembab.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cknvf2djLTu/

Baru-baru ini beredar video yang memperlihatkan ratusan pacet yang memenuhi dedaunan di rute pendaki. Video tersebut direkam oleh salah satu pendaki dan diunggah oleh akun instagram @exploregunung_.

Seperti yang dapat kita lihat ratusan pacet ini menempel pada daun. Bayangkan betapa mengerikannya, satu daun dapat dipenuhi lebih dari sepuluh pacet. Padahal daun tersebut berukuran kecil.

Hal ini mengakibatkan pendaki harus waspada saat melewati area tersebut. Jika tidak berhati-hati dan tidak waspada, hewan ini bisa dengan cepat hinggap di tubuh pendaki. Oleh karena itu salah satu antisipasi agar pacet tidak melekat pada tubuh, sebaiknya pendaki menggunakan pakaian yang tertutup. Seperti celana panjang dan baju panjang, memasukan baju ke dalam celana karena pacet suka di area yang hangat seperti perut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cknvf2djLTu/

Pacet sendiri merupakan salah satu musuh bebuyutan traveller terutama yang hendak memasuki hutan dan pegunungan. Pacet pula merupakan hewan parasit penghisap darah (hemofagik). Pacet ini memiliki dua alat penghisap yang berada di sekitar mulut. Air liurnya pun mengandung zat antikoagulan yang menyebabkan darah mangsanya tidak akan berhenti saat dihisap.

Bagi pendaki atau siapapun yang tidak sengaja digigit hewan penghisap darah yang satu ini, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah tidak panik. Selain itu hindari mencabut langsung hewan tersebut, karena darah dapat mengalir terus menerus. Pendaki dapat menggunakan garam atau minyak kayu putih untuk ditaburkan di sekitar area yang digigit pacet.

Video yang diunggah belum sampai 24jam ini sudah menarik perhatian dari banyak warganet. Lebih dari 8.4K warganet yang menyukai video tersebut. Bahkan mereka pun menuliskan banyak komentar di dalam kolom yang tersedia. Banyak dari mereka berkomentar kocak.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cknvf2djLTu/

"itu pacetnya vegetarian ya? mamamnya daun,," tulis akun @pratamawinardi.

"Lg pada ngisep darah daun," tulis akun @leo_a.steward.

"Nggak kerasa tiba² nempel 7 ekor di kaki, apalagi pas gerimis😂," tulis akun @tourou.nagashi.

"Kalo itu nempel semua di kaki, auto langsung darah rendah😂," tulis akun @rngmln_


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network