Warga Merauke Tangkap Ratusan Ikan yang Naik Ke Darat Ini Sungguh Menggiurkan

"Ratusan ikan di daerah Merauke ini naik kedaratan dan dipanen oleh warga setempat"

Viral | 18 November 2022, 05:23
Warga Merauke Tangkap Ratusan Ikan yang Naik Ke Darat Ini Sungguh Menggiurkan

TamanPendidikan.com - Ratusan ikan di daerah Merauke ini naik kedaratan dan dipanen oleh warga setempat. Diduga, fenomena ini terjadi karena adanya pasang surut air, ataupun karena hujan yang menggenangi kawasan tersebut.

Ratusan ikan yang naik ke daratan ini diunggah oleh akun instagram @ gofishingindonesia. Video ini merekam sejumlah warga Merauke yang menangkap ratusan ikan yang naik ke daratan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/gofishingindonesia/

"Ikan papuyu / ikan betok naik ks darat di marauke," tulis keterangan video.

Ratusan ikan papuyu atau ikan betok ini terlihat loncat loncat di daratan yang tergenang air. Di kawasan tersebut tumbuh banyak pohon yang menjulang.

Melihat fenomena langka tersebut, beberapa pria warga Merauke lantas memanen dan mengumpulkan ikan betok. Setelah kurang lebih15 menit akhirnya terkumpul seperempat karung ikan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/gofishingindonesia/

Warga pun terlihat senang kegirangan dengan adanya fenomena tersebut. Video tersebut hingga kini pun ramai menuai beragam tanggapan komentar dari warganet.

"Di kalimantan namnya manau,fenomena ikan naik kedarat pas hujan....biasanya stelah kemarau agak lama trus trun hujan yg deras maka ikan akan naik keluar dr air,entah apa yg mereka pikirkan,mungkin mereka stress krna kemarau lalu halusinasi dan menganggap diri mereka bukan ikan,mka dr itu mreka kluar dr airšŸ˜‚," ungkap akun @ anas_ulilalbab.

"Sebenarnya ikan ini tidak naik ke darat,memang tempat ini adalah rawa yang mengering ...dan ikan betik salah satu ikan yg dapat bertahan hidup di tanah kering dengan cara memperlambat metabolisme nya,nah ketika musim hujan tiba,rawa kembali terisi air,dan ikan2 ini keluar dari hibernasi mereka," jawab akun @ sam_8068.

"Dulu di sekitar rumah jika sehabis hujan , selalu ada ikan ini naik ke daratan . Tapi skrg seiring bertmbahnya pembangunan jdi tdk pernah terlihat," ucap akun @ muh_fitrahwansya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network