Anjing Kecil Ini Dibelit Ular, Beruntung Masih Bisa Diselamatkan

"Anjing kecil itu terlihat mulai melemah. Beruntung, seorang pria yang mungkin sedang merekam kejadian itu datang untuk menolong si anjing kecil."

Viral | 13 February 2023, 02:03
Anjing Kecil Ini Dibelit Ular, Beruntung Masih Bisa Diselamatkan

TamanPendidikan.com - Hubungan yang terjadi antara ular dan anjing di alam liar memang predasi atau bisa dibilang ular sebagai predator dan anjing kecil menjadi mangsanya. Predasi adalah interaksi antar organisme, di mana satu organisme memakan organisme lainnya. Hubungan itu sangat erat, sebab tanpa mangsa, seekor predator tidak dapat hidup, seperti halnya ular tidak dapat hidup kalau tidak ada hewan yang lebih keil untuk dimangsanya.

Bukti nyata hubungan predasi itu dapat dlihat pada sebuah video unggahan @indianwildlife_century yang menampilkan sebuah kejadian anjing dibelit oleh seekor ular. Melalui video itu warganet dapat menyaksikan saat-saat menegangkan bagi seekor anjing kecil saat tubhnya dibelit dengan kuat oleh seekor ular.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tv/CoUnwVOrES1/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Tak berselang lama, anjing kecil itu terlihat mulai melemah. Beruntung, seorang pria yang mungkin sedang merekam kejadian itu datang untuk menolong si anjing kecil. Upaya yang dilakukan oleh pria itu adalah dengan melepaskan belitan ular mulai dari ekor sampai kepalanya.

Tindakan pria itu memang sudah sesuai dengan teknik melepas belitan ular. Dikutip dari laman Kompas.com, disebutkan bahwa teknik untuk melepaskan lilitan ular adalah dengan mengurai ekor ular. Sebab, saat bagian ekor sudah mulai terlepas dari korbannya, ular tersebut akan mulai melilit tubuhnya sendiri. Nantinya, ular tersebut akan mengurangi kekuatan jeratannya ke tubuh korban dan lilitannya mulai merenggang. Karena tindakan itu, anjing kecil tadi sudah berhasil lepas dari belitan sang ular.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tv/CoUnwVOrES1/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"God bless the helper immensely (tuhan memberkati penolong yang luar biasa)," tulis caption sang pengunggah video.

Berbeda pendapat dengan sang pengunggah video yang bersyukur karena anjing kecil selamat, seorang warganet di balik akun  @joni792021 justru memiliki pendapat yang berbeda dalam memandang fenomena yang terjadi dalam video. Ia justru merasa kalau tindakan yang dilakukan oleh pria penolong anjing kecil itu tampak tidak adil kalau memakai kacamata sang ular. Sebab bagaimanapun juga, ular membutuhkan makan agar tetap hidup dan mungkin saja hewan di sekitarnya hanya anjing itu yang dapat di mangsa.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tv/CoUnwVOrES1/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Imagine someone take away your meal (bayangkan seseorang mengambil makananmu)," kata akun .

Nyatanya, hubungan predasi di alam memang berupa aksi memburu, menangkap, dan membunuh mangsa. Interaksi jenis itu akan menguntungkan pemangsa, namun merugikan bagi mangsa. Walaupun begitu, adanya interaksi predasi ini merupakan bagian dari rantai makanan. Aksi memangsa hewan lain ini merupakan bentuk dari menjaga keseimbangan ekosistem dan kontrol populasi.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network