Ganasnya Ular King Kobra Taklukan Biawak Berukuran Jumbo, Mengerikan

"Ganas, ini ketika king kobra memangsa biawak berukuran jumbo."

Viral | 14 February 2023, 08:13
Ganasnya Ular King Kobra Taklukan Biawak Berukuran Jumbo, Mengerikan

TamanPendidikan.com - Ular king kobra atau yang bernama latin Ophiophagus hannah merupakan ular berbisa terpanjang di dunia. Panjang tubuh King Kobra bisa mencapai sekitar 5,7 meter. Namun rata-rata panjang ular king kobra dewasa umumnya sekitar 3 - 4,5 meter dengan berat rata-rata 12 kg.

Ular king kobra banyak tersebar dari bagian Selatan dan Tenggara Asia. Kebanyakan dari mereka hidup di hutan daerah dataran tinggi.

Ular king kobra sejenis reptil, telur hingga mamalia kecil. Ular king kobra juga dikenal sebagai hewan yang kanibal, yaitu memakan jenisnya sendiri.
TamanPendidikan.com

pixabay.com

Perilaku Makan King Kobra

Dalam berburu mangsa, ular king cobra akan terlebih dulu menggigit dan menyuntikkan bisa ke dalam tubuh mangsanya. Hal ini bertujuan agar mangsa yang sudah tergigit tidak bisa melakukan perlawanan. Jika mangsanya sudah mati, baru setelah itu ular king cobra akan menelan mangsanya secara utuh.

Ular king cobra mempunyai kebiasaan yang unik, yaitu senang memangsa berbagai jenis ular berbisa, bahkan memakan jenisnya sendiri (kanibal). Tidak hanya jenis ular berbisa, ular king cobra juga memangsa ular jenis lain yang berukuran lebih besar seperti python dan tikus ular. Oleh karena itu, nama latin ular king kcbra adalah Ophiophagus yang berarti pemakan ular lain.

Selain ular lain, ular king cobra juga memangsa jenis-jenis reptil seperti biawak, hama tikus, dan burung. Setelah memakan mangsa berukuran besar, ular ini dapat bertahan hidup tanpa makan selama beberapa bulan ke depan. Hal ini disebabkan, ular king kobra memiliki metabolisme yang lambat.

Dalam video yang diposting channel anglers buana, diperlihatkan seekor ular king kobra dengan panjang sekitar 4 meter memangsa seekor biawak yang lebar badanya melebihi lebar king kobra.
TamanPendidikan.com

ss Youtube anglers buana

Diperlihatkan ular king kobra itu telah berhasil melumpuhkan biawak, dan hendak membawanya ke dalam semak-semak.

Video berdurasi sekitar 5 menit itu tidak menunjukan ketika dua reptil itu saling beradu ketangguhan. Namun hanya menunjukan rekaman ketika ular king kobra memangsa biawak berukuran besar itu.
TamanPendidikan.com

ss Youtube anglers buana

Beberapa komentar nitizen juga meramaikan postingan tersebut. Adtyawarman di Majapahit berkomentar, "jadi merinding..."

Madep Hunter juga berkomentar, "Waduh, itu mau di makan juga biawaknya apa muat ya. Ngeri saudaraku."

Dari akun Abny Shana mengatakan, "ini yang saya suka, national geographic nya lokal, keren."


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network