Nyeser di Kubangan, Pemuda Ini Dapat Ikan Sili Mirip Ular yang Langka & Mahal

"Terkadang masyarakat merasa takut atas bentuk fisiknya dikarenakan ikan tersebut mirip dengan ular. Beberapa endemik ikan Sili memiliki corak pada tubuh mereka menyerupai ular piton."

Viral | 03 March 2023, 02:41
Nyeser di Kubangan, Pemuda Ini Dapat Ikan Sili Mirip Ular yang Langka & Mahal

TamanPendidikan.com - Sebuah video Youtube yang diunggah oleh channel MANCING WAY rupanya sempat viral dan menjadi perbincangan warganet beberapa waktu lalu. Melalui video yang berdurasi sekitar 20 menit itu, warganet dapat menyaksikan detik-detik penangkapan seekor ikan sili yang langka.

Dengan perawakan dan motif tubuhnya yang sekilas tampak seperti ular di parit sawah, banyak dari warga merasa ngeri saat melihat sili. Meskipun begitu, ikan ini juga memiliki penggemar loh, baik yang menganggap sili sebagai ikan hias ataupun ikan konsumsi.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=FIm3w_8jZVA

Pada saat menyaksikan video itu, mula-mula warganet disajikan momen 'nyeser' ikan di sungai yang dangkal dan berbatu. Tiga orang pria dalam video itu pun tampak asyik menyeser ikan-ikan di sungai dangkal itu hingga memperoleh beberapa ekor ikan kecil. Tak puas dengan hasil sesernya, ketiga pria itu memilih untuk pindah dan melanjutkan eksplorasi atau penjelajahan ke area sungai yang lain.   

Di pertengahan menuju akhir video, barulah ketiga pria itu tiba di parit sawah yang sekilas tampak seperti kubangan. Namun bukan sembarang kubangan, sebab parit sawah itu menyimpan aneka ikan air tawar yang hidup di dalamnya. Yang paling mencengangkan, mereka berhasil menyeser seekor ikan sili yang kini dianggap sebagai ikan langka dan mahal.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=FIm3w_8jZVA

Sebagaimana telah diketahui, sili merupakan ikan air tawar yang memiliki nama latin Mastecembelus erythrotaenia. Ikan jenis ini dulu dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah perairan tawar di Asia Tenggara. Bahkan beberapa jenis lain dari ikan ini juga dapat ditemukan di Timur Tengah seperti perairan Sungai Eufrat dan perairan Afrika.

Ikan ini hidup di perairan berlumpur hingga di perairan yang deras yang biasa tinggal di sela-sela batu di bantaran sungai ataupun di bawah akar pohon yang ada di pinggiran sungai. Terkadang masyarakat merasa takut atas bentuk fisiknya dikarenakan ikan tersebut mirip dengan ular. Beberapa endemik ikan Sili memiliki corak pada tubuh mereka menyerupai ular piton.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=FIm3w_8jZVA

Dalam video, salah satu dari ketiga pria itu sempat menyebut kalau ikan yang ditemukannya bernama ikan sidat. Namun, melalui kolom komentar, seorang warganet di balik akun Youtube Pekek Usang mengklarifikasi kalau ikan dalam video itu bukanlah ikan sidat, melainkan ikan tilan atau ikan sili.

"Itu bukan sidat.di tempat kami namanya ikan TILAN. Sekarang memang mahal, karena : ikan
konsumsi yang kandungan DHA sangat baik (tinggi)dan untuk perbaikan tubuh sehabis sakit
atau paska operasi. Di jadikan sebagai ikan hias.kadang kadang orang menyebutnya NAGA
AIR TAWAR. Jenis jenisnya:
1. Tilan bangkai (kehitaman/buram) sering di jumpai pada bangkai hanyut.
2. Tilan bambu.warna cerah.
3. Tilan bunga (harganya lumayan)
4. Tilan api atau TILAN harimau.(cukup langka dan cukup mahal)
5. Tilan pelangi.(paling jarang di jumpai,teramat sangat langka)banyak sekali yg tidak
tau,kerena belum lihat. Harganya sesuai nilai hoby,"
tulisnya dalam kolom komentar. 

"Mantapppp Mas.. Alhamdulillah dpat ikan  yg bernilai harganya. Joosssss gandosss.
Lanjutkan,"
ujar akun Youtube ASGAR SPOT NEW.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=FIm3w_8jZVA

Fakta menarik dari seekor Ikan sili yaitu mereka memiliki tingkat kecerdasan tinggi yang bisa beradaptasi dengan cepat serta bisa mengenali pemiliknya ketika ikan ini dipelihara di dalam aquarium. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi. Ada ikan sili sungai yang harganya sekitar Rp50.000 ada juga yang bisa mencapai Rp500.000.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network