Taklukkan King Kobra Besar, Petugas Damkar ini Hanya Perlu Sentuh Kepalanya

"Seekor ular king kobra didapati berkeliaran di halaman rumah."

Viral | 11 April 2023, 03:27
Taklukkan King Kobra Besar, Petugas Damkar ini Hanya Perlu Sentuh Kepalanya

TamanPendidikan.com - Seekor ular king kobra didapati berkeliaran di halam rumah. Keberadaan ular berbisa mematikan ini lali dievakuasi oleh seorang petugas damkar.

Petugas damkar yang evakuasi ulat tersebut nampak lihai. Ia hanya perlu menyentuh ular untuk menaklukan hewan berbisa mematikan tersebut.

Kelihaian petugas damkar evakuasi ular tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh akun @peixeselvagem di Instagram. Di tayangan itu, terlihat seorang petugas pemadam kebakaran berbaju oranye yang sedang bertugas mengamankan seekor king kobra jumbo yang berkeliaran di sekitar perumahan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/peixeselvagem/

Sebelum petugas damkar itu sukses menjinakkan sang raja kobra, ia sudah lebih dulu mengejar king kobra itu sampai keluar dari area perumahan. Lalu, ia juga sempat berjibaku menarik ekor king kobra yang berujung pada perlawanan dari sang ular. Namun di akhir video, petugas damkar itu akhirnya berhasil menaklukkan sang raja kobra hanya dengan tangan kosong.

Terlihat pria dalam video itu hanya menyentuhkan tangannya ke puncak kepala king kobra dengan tenang. Lalu saat sang ular mulai lengah, ia langsung mencengkeram kepala king kobra itu dengan kuat dan penuh keyakinan agar tak ada lagi pergerakan atau penyerangan dari arah king kobra kepada pria itu.

Usai king kobra itu digenggam kepalanya dengan kuat, si ular memang jadi lebih jinak dan tidak banyak melakukan perlawanan. Aksi petugas damkar yang tangkap king kobra dengan tangan kosong ini menunjukkan kepiawaiannya menjinakkan ular sebagaimana seekor pawang.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/peixeselvagem/

Berbicara soal pawang ular, pengetahuan menjinakkan ular bisa dipelajari dengan cara memahami karakter ular yang dihadapinya. Secara kasat mata, karakteristik ular dapat dilihat dari bentuk fisik ular. 

“Jika kepalanya agak bulat atau ada benjolan di dahi, itu tergolong sulit dijinakkan. Tapi kalau yang kepalanya lempeng, itu lebih mudah dijinakkan,” ungkap Pimpinan Ngotektak Grup, Abah Kobra.

Memahami arah gerakan ular juga harus diikuti sang pawang. Pihaknya juga mengingatkan agar bermain ular apalagi yang berbisa, tidak boleh dicoba sembarangan orang. 

“Saat memegang ular seperti memegang anak bayi, jangan sampai berlawanan arah dari kehendak ular tadi. Akan tetapi ikuti gerakannya dengan lemah lembut. Jika ditarik paksa, akan menyerang balik. Sesuaikan gerakan dengan pelan-pelan sampai akhirnya gerakan ular bisa dikendalikan,” imbuhnya memberi tips agar sukses menaklukkan seekor ular bak pawang ular berpengalaman.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network