Tradisi Jelang Lebaran, Kuburan di Toraja ini Diterangi Ribuan Lilin

"Jelang lebaran atau pada malam takbiran, masyarakat di Toraja punya tradisi unik"

Viral | 20 April 2023, 04:09
Tradisi Jelang Lebaran, Kuburan di Toraja ini Diterangi Ribuan Lilin

TamanPendidikan.com - Jelang lebaran atau pada malam takbiran, masyarakat di Toraja punya tradisi unik. Mereka akan menyalakan lilin di atas makam sanak keluarganya.

Tradisi menyalakan lilin di makam itu mereka sebut "Pantunui Ku'bur". Istilah ini memiliki padanan arti menerangi kuburan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/unikinfo_id/

Video tradisi nyalakan lilin di kuburan jelas lebaran idul fitri ini diunggah oleh akun @unikinfo_id di Instagram. Terekam di video, lilin yang telah dinyalakan tersebar di sejumlah makam. Sejumlah warga juga nampak menziarahi makam sanak keluarganya.

"Lilin baru akan mereka nyalakan sesaat setelah shalat magrib dilaksanakan, pada saat memasuki malam Ramadhan. Selain menjelang bulan suci Ramadhan tradisi tersebut dlakukan pada malam takbiran atau jelang Idul Fitri," tulis @unikinfo_id berbagai informasi di narasi unggahannya.

Di tayangan itu, nampak satu makam dicahayai oleh beberapa batang lilin. Situasi kawasan makam yang umumnya gelap pun jadi terang benderang. Asap juga mengepul di kawasan pemakaman ini.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/unikinfo_id/

Ribuan lilin terlihat menerangi tempat pemakaman. Lilin - lilin tersebut dinyalakan tepat diatas makam. Video tradisi unik ramadan dan lebaran ini mendapat berbagai komentar dari warganet.

"Mirip kaya tradisi di meksiko😂 cuma dsna ad mknan2 ny juga buat si almarhum. Nnton di film "coco"," komentar @myy_yura.

"Tradisi ditempat saya yang gosong, retak, dan sedikit keras boleh dimakan, yg gak gosong bentuknya bagus dan lembut buat tamu nanti hari H, inget solatipnya ditandain biar gampang dibuka," tulis @d_soft_clothing berbagi cerita.

"Semangat ber api api menjelang lebaran," tulis @yanmulyana78.
      


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network