Ular Kobra di Parit Sawah Ini Disebut Warga Net Ular Dewa Siwa, Ngamuk Saat Didekati

"Seekor ular kobra muncul di parit di area persawahan dan disebut-sebut sebagai ular Dewa Siwa"

Viral | 08 June 2023, 01:58
Ular Kobra di Parit Sawah Ini Disebut Warga Net Ular Dewa Siwa, Ngamuk Saat Didekati

TamanPendidikan.com - Seekor ular kobra muncul di parit di area persawahan. Ciri fisik ular kobra tersebut menyedot banyak perhatian karena mirip dengan penampakan ular kobra yang acapkali muncul di film India. Tak heran kemudian, ular kobra tersebut disebut sebagai perwujudan ular Dewa Siwa.

Penampakan ular kobra Dewa Siwa ini diunggah oleh akun @eddie0607_ di TikTok. Video itu merekam momen menegangkan saat seseorang berjalan di dekat parit sawah. Rupanya, sang perekam video sedang mengikuti sesosok ular yang sedang berjalan mengikuti arus parit.

Sang perekam video mencoba mengusik ular itu. Ular pun memutar kepalanya dan menngembangkan tudungnya. Ular kobra ini nampak agresif.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@eddie0607

Kobra tersebut ternyata bukan sembarang kobra. Motif khas yang menempel di kepala ular itu akhirnya membuat warganet berpikir kalau kobra dalam video adalah seekor kobra India. Sebab, mereka menilai kalau kobra semacam itu sering muncul dalam berbagai film India.

"Itu uler yg di flim india.. soalny ada ukiran di kepala uler kyk flim india yg jdi dewa," akun  @siskar95 ikut berkomentar soal sosok ular yang sangat mirip dengan ular-ular yang muncul dalam film India.

"Ular dewa siwa itu," ujar @oktaecyeon2pm.

"Ular dewa siwa sih ini mah," kata akun @cafer_bgt_mbak sepakat dengan komentar sebelumnya.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@eddie0607

Bagi para penyuka film Bollywood India, tentu tidak asing dengan berbagai karakter Dewa yang kerap muncul dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satu Dewa yang sering muncul dalam serial India itu adalah Dewa Siwa yang identik dengan seekor ular. Menurut laman NatGeo, Siwa adalah Dewa yang memiliki peranan penting dalam agama Hindu. Dewa Siwa termasuk dalam tiga Dewa tertinggi atau utama dan paling dimuliakan daripada Dewa lainnya atau disebut Trimurti. Ketiga dewa itu ialah dewa Brahma (pencipta), dewa Wisnu (pemelihara), dan dewa Siwa (penghancur).

Dewa Siwa memang selalu identik dengan ular king kobra yang melilit di lehernya. Bukan hanya sebagai hiasan atau aksesoris, akan tetapi masyarakat India percaya kalau ular tersebut memiliki makna simbolisnya sendiri. Dalam laman Pojoksatu.com diceritakan bahwa ketika Dewa Siwa meminum racun dari samudra, istrinya Dewi Parwati datang menyelamatkannya. Ia mencekik leher Dewa Siwa untuk mencegah racun menyebar ke tubuh suaminya itu. Kemudian, ketika dia melepaskan lehernya, dia melingkarkan seekor ular bernama Vasuki, di leher Dewa Siwa.

Namun menurut mitologi, ada alasan lain mengapa ular ada di leher Dewa Siwa. Ini berkaitan dengan fakta bahwa Siwa dianggap sebagai ‘Pashupatinath’ atau penguasa semua makhluk di dunia. Oleh karena itu, ular mewakili semua hewan dan makhluk hidup yang dijaga oleh Bholenath.

Menurut cerita mitos lainnya, suatu ketika spesies ular berada dalam bahaya kepunahan. Ular Kobra kemudian mendekati Dewa Siwa. Dewa Siwa memberi mereka tempat berlindung. Tetapi karena cuaca dingin, ular kobra terpaksa menempel di tubuh Dewa Siwa agar tetap hangat. Untuk melindungi mereka dari kepunahan, Dewa Siwa mulai mengenakan ular di lehernya untuk memberikan kehangatan kepada hewan melata tersebut.

@eddie0607_ #ularcobra #ulargede #anaksanca #viralular  #penamgkapanular #penampakanular #penemuanulargede #digigitularcobra ♬ suara asli  - Eddie


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network