Bukti Ganasnya Ikan Toman, Burung yang Sedang Nangkring Pun Disambar

"Seekor burung alami apes diserang ikan toman ketika nangkring di tepian sungai"

Viral | 10 June 2023, 01:03
Bukti Ganasnya Ikan Toman, Burung yang Sedang Nangkring Pun Disambar

TamanPendidikan.com - Seekor burung alami apes ketika nangkring di tepian sungai hendak minum. Burung tersebut disambar oleh ikan toman yang tiba-tiba muncul melompat ke permukaan air.

Ikan Toman adalah nama sejenis ikan yang termasuk keluarga gabus gabusan (Channidae). Secara fisik ikan ini berpenampilan mirip ikan gabus. Ukuran ikan toman dapat mencapai 1 meter, menjadikan ikan ini sebagai ikan predator terbesar.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/sukaiwak/

Masyarakat Jawa biasa menyebut ikan ini sebagai "Kamal". Ikan toman dalam bahasa Inggris dikenal sebagai red snakehead, redline snakehead merujuk pada warna tubuhnya ketika muda, atau Mabar snakehead. Nama snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular. Sementara nama ilmiahnya adalah Channa micropeltes.

Video ikan toman yang menyambar seekor burung ini diunggah oleh akun @sukaiwak di Instagram. Di tayangan video, terlihat burung tak sempat menghindar saat alami penyerangan tiba-tiba. Di sisi lain, video ini memperlihatkan keganasan ikan toman yang memangsa tanpa pandang bulu.

Ikan Toman memang termasuk ikan omnivora atau pemakan segala. Benih Ikan Toman memakan alga, detritus, dan jasad renik. Sedangkan ikan dewasa cenderung karnivora dengan memakan krustasea, ikan kecil, udang, dan katak. Ikan besar diketahui dapat memakan burung dan tikus.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/sukaiwak/

Dalam video singkat tersebut, nampak ikan toman langsung membawa burung masuk ke dalam sungai. Ikan toman membuat burung yang malang tersebut tak berkutik.

Ikan Toman memiliki ciri berkepala besar dan bermulut besar serta bergigi runcing tajam. Tubuhnya bulat panjang seperti torpedo dengan ekor membulat. Toman tergolong ikan buas.

Ikan toman menyebar luas di Indonesia bagian barat (Sumatra, Kalimantan dan pulau-pulau sekitarnya), Malaysia, Thailand, Laos, Vietnam, India, dan mungkin pula Myanmar.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network