Motor Scoopy Ini Kalahkan Mobil Saat kecelakaan

"Penampakan sebuah motor matik yang diduga mengalami kecelakaan dengan sebuah mobil ini bikin geleng-geleng kepala"

Viral | 12 June 2023, 04:52
Motor Scoopy Ini Kalahkan Mobil Saat kecelakaan

TamanPendidikan.com - Penampakan sebuah motor matik yang diduga mengalami kecelakaan dengan sebuah mobil ini bikin geleng-geleng kepala. Pasalnya, kap mesin bagian depan mobil Toyota Avanza tampak ringsek karena 'tertancap' buntut motor Honda Scoopy.

Dalam video yang diunggah ulang akun Instagram @elangsung, peristiwa kecelakan itu pun menjadi tontonan warga sekitar. Bagian buntut motor Scoopy berkelir hitam itu tertabrak mobil Avanza yang berada di belakangnya. Menurut beberapa saksi, kronologi dari peristiwa itu saat mobil menabrak bagian belakang motor, namun tidak disebutkan apa yang menjadi penyebabnya.

Salah satu warganet mengatakan bahwa kerusakan pada Toyota Avanza diakibatkan oleh desain dari mobil tersebut yang sengaja dibuat mudah penyok dan diberi nama crumple zone. Tujuannya yaitu untuk meredam energi akibat benturan, sehingga penumpang di dalam mobil tetap aman.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/elangsung/


Sementara, rangka sepeda motor sengaja dibuat kokoh dengan tujuan yang sama yakni memastikan pengendara serta pembonceng seaman mungkin.

“Mobil yang penyok karena kecelakaan, terutama di bagian depan seperti kompartemen mesin? Mungkin ada yang berpikir, mengapa bagian tersebut begitu mudah penyok. Apalagi, banyak kasus dimana bumper juga penyok hanya karena sedikit menyerempet objek keras. Sebetulnya hal tersebut bukanlah kelemahan sebuah kendaraan. Justru, bagian ini sengaja dibuat lunak demi meningkatkan keselamatan si pengemudi dan penumpangnya,” tulis akun @dion_octora66

Dilansir situs resmi Daihatsu, crumple zone adalah area pada kendaraan yang dirancang untuk hancur ketika terjadi kecelakaan. Area ini berfungsi untuk menyerap energi kinetik dari benturan, sehingga dapat meminimalisir efek tabrakan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/elangsung/

Akan tetapi, bahan baku yang kuat ternyata sangat bahaya kepada pengendara ketika terjadi benturan. Dari hasil penelitian, desain tersebut terbukti membuat energi benturan mengalir ke dalam kabin mobil dan memperparah cedera pengemudi dan penumpangnya.

Karena itu, crumple zone sengaja dirancang para produsen agar bodi dari mobil tidak terlalu kaku. Maka dengan desain ini, benturan tabrakan dapat terserap sepenuhnya di crumple zone dan menyelamatkan penumpang dari cedera fatal.

Berdasarkan penjelasan tersebut, ternyata bukan sepeda motor Honda Scoopy yang memiliki kekuatan super, melainkan kerusakan mobil yang terjadi pada mobil memang seharusnya terjadi untuk meminimalisir cedera fatal.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network