Nekat Masuk ke Sarang Tawon, Ular Ini Disengat Kerumunan Tawon

"Seekor ular nekat masuk ke sarang tawon yang ukurannya super besar."

Viral | 20 June 2023, 00:40
Nekat Masuk ke Sarang Tawon, Ular Ini Disengat Kerumunan Tawon

TamanPendidikan.com - Seekor ular nekat masuk ke sarang tawon yang ukurannya super besar. Ular ini pun dikerumuni oleh tawon yang tak terhitung jumlahnya.

Video ular yang masuk ke sarang tawon itu diunggah oleh akun  @ilhanatalay_ . Tayangan video memperlihatkan sarang tawon yang diduga berada di bawah rumah milik seorang warga. Terlihat dengan jelas sarang itu memiliki ukuran yang besar.

Di sekitarnya banyak tawon yang sedang bekerja sehingga hilir mudik mengerubungi sarang. Lalu, tanpa diduga seekor ular tiba-tiba nyelonong masuk ke dalam sarang tawon itu. Jelas hal itu membuat heboh para tawon sehingga mereka langsung mengerubungi sang ular.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/ilhanatalay_/

Sampai suatu ketika sang ular hampir "terlahap habis," alias tubuhnya masuk sepenuhnya ke dalam sarang itu, tiba-tiba sang perekam video merasa kasihan sehingga ia membantu ular itu keluar dari sarang tawon dengan cara menariknya. Namun, usaha sang perekam video itu berujung gagal karena entah ular dalam video yang "bebal," sehingga nekat masuk lagi ke dalam sarang atau mungkin tubuh ular sudah tidak berdaya sehingga ditarik masuk oleh para tawon. Warganet pun saling beradu argumen mengenai hal ini.

"Mengapa ular itu masuk?," tanya akun @aevanoostrom. Komentar itu pun langsung ditimpali oleh warganet lain di balik akun @johnnydeerfist, bahwa ia menduga ular itu dibawa masuk oleh para tawon alih-alih nekat masuk sendiri.

Berbeda pendapat, warganet dengan nama akun @joey604 justru menilai kalau ular itu masuk dengan sendirinya ke dalam sarang, "Anda benar-benar dapat melihat ular itu menggeliat dan menggunakan ototnya untuk bergerak masuk. Juga, kecepatan masuknya jelas menunjukkan bahwa ia melakukannya sendiri dan tidak ditarik oleh para tawon," balasnya.

Rupanya tawon dalam video termasuk jenis tawon jepang raksasa. Laman Wikipedia menyebut tawon raksasa jepang yang memiliki nama ilmiah Vespa mandarinia japonica itu adalah subspesies tawon terbesar di dunia, yakni tawon raksasa asia yang bernama ilmiah Vespa mandarinia.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/ilhanatalay_/

Dari perawakan fisiknya, tawon itu terbilang besar karena memiliki panjang tubuh mencapai 4,5 cm dengan bentang sayap yang lebih besar dari 6 cm. Tawon itu memiliki kepala berwarna kuning yang besar, mata yang besar, dan toraks coklat tua dengan perut yang berwarna garis-garis coklat dan kuning. Tawon raksasa jepang juga memiliki tiga mata kecil di antara dua mata majemuk yang besar.

Mengutip dari laman Merdeka.com, tawon raksasa jepang juga terkenal akan racunnya yang super berbahaya. Per menitnya, racun tawon raksasa Jepang mampu membunuh 40 tawon Eropa. Bahkan, rata-rata setiap tahun dilaporkan 40 orang meninggal akibat sengatan tawon jepang. 

Berdasarkan pengakuan para korban, sengatan tawon ini rasanya seperti sebuah jarum panas menusuk kulit. Yang membuat racun tawon jepang lebih mematikan lagi  adalah zat Mandaratoksin, yakni sejenis racun pelumpuh saraf atau neurotoksin yang dapat mengakibatkan gagal ginjal yang sangat parah.

Tawon raksasa jepang itu kebanyakan ditemukan di daerah pegunungan, persis seperti yang terlihat di dalam video viral itu. Lalu, persebaran habitatnya sendiri tawon-tawon ini terdapat di kawasan Asian Tenggara (termasuk Indonesia), China, Korea, dan Nepal.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network