Domba Super Gemoy Bikin Sayang Buat Dikurbankan

"Seekor domba yang sangat menggemaskan bikin gak tega buat dikurbankan"

Viral | 28 June 2023, 03:43
Domba Super Gemoy Bikin Sayang Buat Dikurbankan

TamanPendidikan.com - Jelang Hari Raya Idul Adha, permintaan hewan kurban meningkat. Salah satu jenis hewan kurban yang banyak dicari oleh masyarakat yaitu domba. Umumnya domba-domba yang dijual di pasaran berusia satu sampai satu setengah tahun.

Seperti syarat hewan kurban yaitu domba harus berusia minimal enam bulan hingga satu setengah tahun. Selain itu syarat hewan kurban juga harus sehat, tidak cacat, dan tidak berpenyakit. Ada dua jenis domba di Indonesia, yaitu domba lokal dan persilangan. Sedangkan domba persilangan ada tiga macam yaitu domba garut, domba merino, dan domba texel.

Baru-baru ini beredar video seekor domba yang super gemoy. Video ini diunggah oleh salah satu akun instagram @ayodolan. Dalam unggahannya terlihat seekor domba yang sangat menggemaskan. Domba ini bertubuh pendek gempal, dan dipenuhi dengan rambut ikal yang lebat.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/ayodolan/

Domba ini terlihat sedang berada di pasar hewan. Ia baru saja diturunkan oleh pemiliknya untuk dijual. Sambil menunggu pembeli yang datang, domba ini berjalan di sekitar pemiliknya. Tubuhnya yang menggemaskan tentunya menarik perhatian dari warganet. Beberapa komentar dari warganet yang menuturkan bahwa tak tega jika domba tersebut harus dibeli dan disembelih. Berikut ini komentar dari warganet.

Sayang bgt kalau d sembelih... Gemoy unyuuuu,” tulis akun @dimas.puguh.

Mana tega nyembelih kalau gemes gini,” tulis akun @fafahwkns.

Gak tega si kalo dipotong gemes banget 😂,” tulis akun @fenyrosdiana.

Selain itu ada salah satu warganet penasaran dengan jenis domba yang ada di dalam video. Ia pun menuliskan komentar berupa pertanyaan apa jenis domba tersebut. “Ini kambing jenis apa ya?? Yg tau komen donk,” tanya akun @agungriezaltrisatriyo. Komentar itu pun dijawab oleh salah satu warganet. “domba merino ada budidayanya di wonosobo sama jogja,” jawab akun @meitarizka.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/ayodolan/

Berdasarkan jawaban dari warganet, jika domba itu merupakan jenis merino. Domba merino sendiri adalah salah satu domba hasil persilangan dari domba asli australia dengan domba lokal. Jenis domba ini banyak dikembangkan di daerah Banjarnegara dan Wonosobo. Seperti yang terlihat dalam video, domba jenis ini memiliki rambut yang ikal dan lebat. Ternyata domba merino ini terkenal dengan kualitas wolnya yang bagus.

Selain itu jenis domba ini terkenal dengan penghasil daging unggulan. Oleh karena itu kebutuhan asupan pakan domba merino juga banyak dan bernutrisi tinggi. Porsi makannya melebihi porsi makan domba persilangan lainnya. Tak heran jika tubuhnya gemuk dan memiliki bobot tubuh yang besar.  Bobot tubuh dari domba merino jantan dapat mencapai 70 kilogram, sedangkan bobot betinanya mencapai 40 kilogram. Bobot domba merino yang besar juga mempengaruhi harga jualnya. Harga jual Domba Merino bervariasi antara Rp. 2,5 juta hingga Rp. 4,5 juta.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network