TamanPendidikan.com - Cara mengetahui nomor BPJS ketenagakerjaan ternyata bisa dilakukan dengan NIK KTP, mengunjungi website resminya, atau bisa juga melalui aplikasi BPJSTKU.

Cara mengetahui nomor BPJS ketenagakerjaan cukup mudah kok guys. Namun, jika masih bingung, Anda tidak perlu khawatir karena kini Anda sudah berada pada artikel yang tepat.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan bentuk perlindungan sosial ekonomi bagi para pekerja. Nggak hanya terasa manfaatnya buat kamu yang bekerja, tetapi juga keluarga akan mendapatkan manfaat yang sama. BPJS bagi para pekerja ini juga bersifat seperti asuransi.

Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan jika menggunakan cara ini yaitu nomor E-KTP, nama perusahaan, dan masa kerja. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka email Anda, lalu kirim pesan ke care@bpjsketenagakerjaan.
2. Masukkan subjek ‘Permohonan Permintaan Nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan’.
3. Kemudian untuk isi emailnya. Silahkan isi seperti gambar di bawah ini.

YouTube Rilly Channel

4. Setelah email dikirim dan dibalas oleh pihak BPJS. Silahkan balas email tersebut denga mengisi nomor kartu peserta jamsostek dan lain sebagainya.
YouTube Rilly Channel

5. Anda hanya perlu menunggu beberapa hari untuk menunggu balasan dari pihak BJPS untuk mendapat balasan emailnya. Memang cara ini membutuhkan waktu beberapa hari, tetapi Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Selain menggunakan NIK KTP, ada cara lain yang bisa Anda coba untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan Melalui Situs Resmi

Cara mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan lainnya yaitu melalui situs resmi. Cara berikut ini bisa Anda coba cek menggunakan ponsel atau PC karena tidak perlu diunduh. Berikut cara melakukannya:

1. Kunjungi link berikut https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
2. Masukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.
3. Centang ikon Saya Bukan Robot, lalu Klik Login.
4. Kemudian, tampilan kartu BPJS Ketenagakerjaan virtual Anda akan muncul, lengkap dengan nomor, nama peserta, serta jumlah saldo yang terkumpul.

Pada situs ini, terdapat menu lain untuk memproses pengajuan klaim sampai menghitung simulasi pendapatan jaminan.

Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaa melalui Aplikasi BPJSTKU

Aplikasi BPJSKTKU bisa dijadikan alternatif selanjutnya untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan, dan juga untuk mengetahui saldo yang dimiliki. Namun, Anda harus sudah memiliki aplikasi ini dan sudah terdaftar terlebih dahulu di sana.

Jika Anda pernah mendaftar di aplikasi ini, Anda hanya butuh login ke dalam aplikasi tersebut menggunakan email dan password yang pernah Anda daftarkan. Kemudian, ikuti langkahnya di bawah ini:

1. Langsung saja, buka aplikasi BPJSTKU. Lalu klik Login.
2. Masukkan alamat email dan kata sandi yang sebelumnya digunakan untuk mendaftar BPJSTKU.
3. Setelah login berhasil, pilih menu kartu digital.
4. Tunggu hingga muncul kartu digital peserta berupa 11 digit angka.
5. Informasi kartu akan muncul beserta nomor BPJSTKU dan juga nomor referensi.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang paling mudah. Terimakasih sudah menyimak, semoga artikel ini bisa membantu.