Persiapan SMP Piri Ngaglik dalam Menghadapi PPDB 2020

"Penerimaan Peserta Didik Baru 2020"

Edukasi | 19 October 2020, 13:29
Persiapan SMP Piri Ngaglik dalam Menghadapi PPDB 2020

TamanPendidikan.com - SMP Piri Ngaglik sudah melakukan rapat perencanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 sejak awal semester 1 (satu) 2019. Rapat perencanaan PPDB ini dipimpin langsung oleh Kaminah selaku kepala sekolah SMP Piri Ngaglik. Rapat perencanaan PPDB ini dilaksanakan di Lab IPA SMP Piri Ngaglik. Panitia PPDB yang dibentuk pada rapat perencanaan tersebut di antaranya ketua, sekretaris, bendahara dan humas.

Sejak terbentuknya panitia PPDB, SMP Piri Ngaglik sudah melakukan promosi ke Sekolah Dasar. Promosi dilakukan dengan cara humas SMP Piri Ngaglik mengunjungi Sekolah Dasar untuk mempromosikan sekolah dan membagikan brosur. Sedangkan kepala sekolah SMP Piri Ngaglik juga mempromosikan sekolah dengan cara melakukan mitra dengan SD dan SMP. Kepala sekolah SMP Piri Ngaglik juga mengadakan pertemuan dengan kepala Sekolah Dasar.

Selain itu, SMP Piri Ngaglik mempromosikan sekolah dengan cara mengadakan Try Out dan Open House. Try Out dan Open House ini merupakan acara tahunan rutin SMP Piri Ngaglik yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar.

Proses perekrutan calon peserta didik baru di SMP Piri Ngaglik dibuka lebih awal, yakni pada bulan Januari. SMP Piri Ngaglik tidak berpedoman pada kuota jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan jalur prestasi yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan. SMP Piri Ngaglik menerima semua siswa yang mendaftar dengan persyaratan nilai rapor. Apabila jumlah pendaftar melebihi kuota yang telah ditentukan, maka selanjutnya akan diadakan seleksi.

Total peserta didik yang akan diterima berjumlah 160 siswa. 160 siswa ini akan dibagi ke dalam 5 (Lima) kelas. 4 (empat) kelas regular dan 1 (satu) kelas olahraga. Kelas olahraga menjadi unggulan tersendiri bagi SMP Piri Ngaglik. SMP Piri Ngaglik memfasilitasi siswa yang memiliki bakat di bidang olahraga di antaranya voli, sepak bola, futsal, badminton dan renang.

Program unggulan kelas olahraga ini sudah dibuktikan dengan berbagai prestasi, salah satunya adalah SMP Piri Ngaglik pernah meraih 5 medali dalam kejuaraan renang tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Forum Klub Renang Sleman. Event nasional ini dilaksanakan di Kolam Renang UNY Kampus Wates pada Januari 2020.

Selain program unggulan kelas olahraga tersebut, SMP Piri Ngaglik juga memiliki unggulan lain yang bisa menarik calon peserta didik baru. SMP Piri Ngaglik siap membantu anak sekitar sekolah yang memiliki kendala biaya. SMP Piri Ngaklik menggratiskan SPP bagi anak yatim piatu dengan persyaratan siswa membuat surat keterangan tidak mampu kemudian diserahkan ke Dinas Sosial.

Cucu Afriliandhi selaku ketua panitia PPDB 2020 SMP Piri Ngaglik menyadari betul kendala yang dialami selama PPDB 2020 di tengah pandemi ini. “Sekolah tidak bisa terjun langsung ke lapangan untuk melakukan sosialisasi. Informasi PPDB dan formulir pendaftaran online disebar melalui akun media sosial sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengikuti protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran corona Covid-19”, tutur Cucu Afriliandhi saat dihubungi oleh Taman Pendidikan pada Senin (4/5/2020).

Bagi orangtua atau siswa yang mengalami kendala dalam pendaftaran online bisa langsung menghubungi operator panitia PPDB atau berkunjung langsung ke SMP Piri Ngaglik.  Sekolah menerima apabila ada orangtua yang mau mendaftar langsung. Pada pendaftaran secara langsung ini, sekolah tetap melakukan protokol kesehatan guna mengurangi penyebaran virus corona Covid-19. Sekolah tetap menjaga jarak satu sama lain dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network