Mahfud MD Nonton Ikatan Cinta, Komentari Pemahaman Hukum Sang Penulis

"Mahfud MD juga menjelaskan bahwa dalam pemahaman hukum pidana tak sembarang orang mengaku bisa langsung dipenjarakan."

Feature | 19 July 2021, 02:58
Mahfud MD Nonton Ikatan Cinta, Komentari Pemahaman Hukum Sang Penulis

TamanPendidikan.com - Belum lama ini media Twitter dihebohkan dengan cuitan yang di unggah oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. Pasalnya Mahfud MD mengomentari alur sinetron Ikatan Cinta melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd pada 15 Juli 2021.

Ia mengakui di masa PPKM ini, dirinya dapat kesempatan untuk menonton sinetron tersebut. Dirinya pun turut mengomentari alur dari sinetron itu. Mahfud MD mengatakan bahwa ada yang kurang tepat soal pemahaman hukum. Baginya adegan Sarah mengakui membunuh Roy langsung dipenjara kurang tepat.

 

“PPKM member kesempatan kpd sy nonton serial Ikatan Cinta. Asik jg sih, meski agak muter-muter,” kata Mahfud MD dikutip dari Twitter @mohmahfudmd..

“Tp pemahaman hukum penulis cerita kurang pas. Sarah yg mengaku dan minta dihukum krn membunuh Roy langsung ditahan. Padahal pengakuan dlm hukum pidana itu bkn bukti yg kuat,” tambahnya. 

Mahfud MD juga menjelaskan bahwa dalam pemahaman hukum pidana tak sembarang orang mengaku bisa langsung dipenjarakan.

 

“Lah, dlm hukum pidana tak sembarang org mengaku lalu ditahan. Kalau bgt nanti bnyk org berbuat jahat lalu menyuruh (membayar) orang untuk mengaku sbg pelaku yg sebenarnya bebas,” ungkapnya

Terkait cuitan tersebut, banyak dari netizen merasa bingung dengan sikap menteri ini saat rakyat sedang dilanda kelaparan, sang menteri justru asyik menonton sinetron. Komika asal Ibu Kota Jakarta, Bintang Emon pun turut mengomentari kegiatan Mahfud MD di masa PPKM Darurat.

Bagi Emon itu merupakan hal yang wajar, apalagi di masa Covid-19 seperti ini. Banyak yang mengalami stres dan lainya karena beban hidup. Tapi  yang menjadi permasalahannya adalah kepada sang menteri membagikan kegiatannya tersebut di media sosial.

“Ini gue nggak nyari-nyari kesalahan ya, kayaknya kita udah di tahap nggak usah nyari-nyari juga sudah kelihatan kesalahannya. Gua setuju, menteri itu ya manusia biasa juga lah,” ujar Bintang Emon dikutip dari YouTube BAUR TUTONEWS.

“Jadi wajar saja kalau menurut gue pak mentri nonton sinetron. Tapi poinnya menurut gue, nggak usah cerita-cerita, kan sekarang situasi lagi kritis,” tambahnya.

Emon berpendapat bahwa tak etis bagi seorang menteri yang membuat peraturan dan kebijakan malah terlihat santai di masa PPKM Darurat. Sedangkan di masa PPKM Darurat, rakyat lagi mematuhi peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Sampai menutup tempat usahanya karena tak ingin ditutup paksa oleh oknum keamanan negara.

“Ada yang dagangannya di razia nih, nggak boleh kerja, ada oknum galak. ‘Saya habis nonton sinetron’. Bapak yang memangku kebijakan, bapak yang bertanggung jawab terus ngaku lagi nonton sinetron kan lucu,” tutupnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network