Pemuda Ini Pernah Jadi Ojol, Jual Ketupat, Kuli Bangunan, dan Akhirnya Lolos Jadi Polisi

"Nasib bagai roda pedati. Keberuntungan kadang di atas, kadang di bawah. Berupaya menaikkan taraf hidup, seorang pemuda mencoba berbagai peruntungan"

Viral | 23 August 2021, 01:00
Pemuda Ini Pernah Jadi Ojol, Jual Ketupat, Kuli Bangunan, dan Akhirnya Lolos Jadi Polisi

TamanPendidikan.com - Nasib bagai roda pedati. Keberuntungan kadang di atas, kadang di bawah. Berupaya menaikkan taraf hidup, seorang pemuda mencoba berbagai peruntungan.

Ia mulai mencari nafkah menjadi pengemudi ojek online (ojol), penjual ketupat, kuli bangunan sampai ahirnya lolos seleksi polisi.

"Roda kehidupan yang membuat saya semakin kuat untuk menjalani hidup," tulis akun @ramdhanasr di TikTok memulai berbagi pengalaman hidupnya.

Pemuda ini lahir di keluarga sederhana. Ayahnya seorang pemulung barang bekas. Tahun 2020 ia mulai membantu perekonomian keluarga dengan menjadi driver ojol.

"Di tahun 2020 saya bekerja Grab (pengemudi). Ini pas ketiduran di basecamp gara-gara menunggu orderan masuk," tulis @ramdhanasr di video yang ia unggah.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ramdhanasr

Sembari mengojek, ia berjualan minuman kemasan, berjualan ketupat dan keripik. Ia juga pernah menjadi sopir angkutan barang. Ia pun pernah berpeluh keringat bekerja sebagai kuli bangunan.

Membantu perekonomian keluarga jadi prioritasnya. Setengah penghasilan dari hampir semua pekerjaan ia bagikan kepada Ibunya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Pernah jadi kuli bangunan, uangnya dipakai buat kebutuhan sehari-hari sama kasih ke mamak," terangnya.

"Pernah jadi sopir pindahan juga. Uangnya dibagi dua sama mamak," sambungnya.

Pemuda ini lalu memberanikan diri mengikuti serangkaian pendaftaran polisi. Ia berjuang mengumpulkan berkas persyaratan. Ia belajar secara mandiri.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@ramdhanasr/

"Pada akhirnya, saya mengadu nasib mendaftar Polri tahun pertama. Mengurus berkas sampai 1 minggu baru selesai semua. Setiap tes, saya selalu sendiri, gak pernah diantar orangtua," tulisnya.

"Selalu minder karena peserta yang lain mengikuti bimbingan belajar, sedangkan saya cuma belajar otodidak sendiri," sambungnya.

Akhirnya @ramdhanasr dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti pendidikan Bintara Polri. Pencapaian ini, membuat keluarganya diliputi haru. Ia bahagia, dapat membuat keluarganya merasa bangga.

"Pada akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu tiba dan saya dinyatakan lulus terpilih mengikuti pendidikan Bintara Polri," jelasnya.

Video tersebut telah ditonton sebanyak 720 ribu kali. Warganet menuliskan berbagai komentar yang mengapresiasi kisah perjuangan hidup tersebut.

"Mas, serius cerita mas sangat menginspirasi. Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha, semoga Allah lancarkan semua usaha masnya terus ya semangat ya," komentar @Chef Rinita.

"Alhamdulillah: semoga bisa terus bikin mamanya bahagia dan bangga. Jadilah polisi yang baik dan adil," tulis @Aab Elkarimi.

@ramdhanasr

roda kehidupan yang membuat saya semakin kuat untuk menjalani hidup🙏🏻 ##fypシ ##fypage ##casistnipolri ##casispolri2021

♬ Sad and lonely - MoppySound


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network