Ikan Tangkapan Pemancing Ini Punya Mata dan Lidah yang Aneh

"Ikan warna coklat totol-totol ini memiliki bola mata yang melotot keluar. Tidak hanya itu bagian mulutnya juga dipenuhi gigi yang kecil tajam dan lidah yang menjulur keluar."

Viral | 26 December 2021, 10:41
Ikan Tangkapan Pemancing Ini Punya Mata dan Lidah yang Aneh

TamanPendidikan.com - Kedalaman laut menyimpan banyak rahasia yang belum banyak diketahui oleh orang. Dari makhluk hidup yang teridentifikasi, beberapa diantaranya memiliki bentuk tubuh yang unik dan cenderung mengerikan. Makhluk-makhluk ini mampu beradaptasi di kedalaman laut yang minim akan cahaya dan tekanan yang kuat.

Belum lama ini beredar sebuah video yang memperlihatkan ikan tangkapan nelayan yang memiliki penampilan yang sangat aneh dan mengerikan. Ikan warna coklat totol-totol ini memiliki bola mata yang melotot keluar. Tidak hanya itu bagian mulutnya juga dipenuhi gigi yang kecil tajam dan lidah yang menjulur keluar.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CXdMCkaqEfV/

Belum diketahui secara pasti jenis dari ikan tersebut, namun jika diperhatikan bentuk tubuhnya seperti corak warna serta bentuk mulut yang besar, ikan yang didapatkan nelayan dari kedalaman 1000 kaki ini menyerupai ikan kerapu.

Video yang diunggah oleh @fishhunter.id ini sudah ditonton sebanyak 70 ribu views dan dikomentari oleh pengguna Instagram.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CXdMCkaqEfV/

"lidahnya ga kalah lidah sapi, enak disemur..semoga gk beracun 😂," tulis @hanafi_armada

"Barotrauma. When a fish gets reeled up from 30ft and deeper. Pressure inside the fish expands and this is what happens," tulis @thriftkoboi

"dasyat yah efek dekompresi," tulis @bachrimaul

Melihat video tersebut, warganet dibuat kaget dan heran dengan bentuk tubuh dari ikan tersebut. Bola matanya yang melotot seakan mau keluar membuat ngerian orang yang melihatnya. Tak hanya mata, mulut dan lidah ikan tersebut yang besar juga menambah sangar penampilan ikan tersebut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CXdMCkaqEfV/

Beberapa orang mencoba menjelaskan bahwa ikan tersebut mengalami Barotrauma, yaitu kondisi yang terjadi akibat perubahan tekanan udara secara mendadak. Ada juga yang menyebutkan bahwa kondisi tersebut merupakan efek dekompresi. Sama dengan barotrauma, dekompresi merupakan kondisi apabila tubuh mengalami perubahan tekanan air atau tekanan udara yang terlalu cepat. Hal ini yang menyebabkan bola mata ikan tersebut melotot seakan mau keluar.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network