Viral, Pria Kesetrum Ini Bisa Langsung Sadar Setelah Kakinya Dipukul-pukul

"Seorang pria tersengat listrik kabel power dan langsung tak sadarkan diri. Beberapa orang berupaya menolong pria tersebut agar siuman."

Viral | 08 January 2022, 07:02
Viral, Pria Kesetrum Ini Bisa Langsung Sadar Setelah Kakinya Dipukul-pukul

TamanPendidikan.com - Seorang pria tersengat listrik kabel power dan langsung tak sadarkan diri. Beberapa orang berupaya menolong pria tersebut agar siuman.

Kejadian ini terekam cctv dan diunggah oleh @statusfakta di Instagram. Di awal video nampak beberapa orang berjalan di areal pertokoan. Mereka, mungkin hendak bongkar muatan barang.

Salah seorang di antara mereka, alami kejadian tersengat listrik dan jatuh pingsan. Seseorang lalu memukul-mukul kaki pria yang tersengat lisrik. Pria tersebut lantas kembali sadar.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CYbCk_UJUGA/

Video ini pun viral dan jadi pembahasan terkait pertolongan pertama pada orang yang tersetrum listrik. Diskusi tersebut bermula dari tips penanganan pertama untuk korban tersengat listrik yang dibagikan salah satu pengguna Twitter.

Dikatakan, memukul telapak kaki korban yang telah tersetrum listrik selama 10-15 detik bertujuan agar darah kembali mengalir ke seluruh tubuh dan menghindarkan dari risiko yang lebih berat

Informasi itu langsung menuai respon negatif karena dianggap tidak valid dan menyesatkan. Sejumlah praktis kesehatan juga ikut meramaikan cuitan tersebut guna meluruhkan hal tersebut.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CYbCk_UJUGA/

Salah satunya, Dokter Tirta Hudhi, menjelaskan pertolongan pertama pada korban tersetrum listrik bisa dilakukan dengan lima langkah sederhana. Pertolongan pertama tidak boleh dilakukan sembarangan karena bisa berbahaya bagi korban maupun diri kita sendiri.

Lima langkah yang dimaksud Dokter Tirta Hudhi yakni memutuskan sumber listrik, khususnya jika masih menempel ke korban. Kedua, harus menggunakan sarung tangan ketika hendak menolong korban. Selanjutnya cek kesadaran korban dengan menepuk pundak atau berteriak di telinga korban untuk melihat responnya.

Langkah berikutnya, kita bisa melakukan CPR awam (resusitasi jantung paru-paru) namun hanya pada jantung, khususnya jika korban mengalami henti jantung. Ia juga mengingatkan, korban tersetrum listrik tidak perlu diberi minum karena berisiko tersedak.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network