Proses Pemijahan Ikan Pakai Baskom Ini Viral, Warganet Soroti Alat Pengaduknya

"Kedua jenis sel ini ditampung di dalam baskom kemudian diaduk menggunakan alat pengaduk setelah itu dimasukan ke dalam kolam berukuran besar."

Viral | 28 April 2022, 12:10
Proses Pemijahan Ikan Pakai Baskom Ini Viral, Warganet Soroti Alat Pengaduknya

TamanPendidikan.com - Pada budidaya ikan mas proses pemijahan sangatlah penting. Apa itu pemijahan? Pemijahan adalah proses pembentukan anakan ikan yang di mana terjadinya pertemuan antara sel telur dengan sel sperma. Pemijahan pada ikan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu alami dan buatan.

Alami dengan cara memasukan ikan jantan dan betina yang siap kawin pada satu kolam yang sama. Jika pemijahan buatan yaitu dengan cara indukan betina dibuahi dengan bantuan manusia dengan cara menyuntik horman ke dalam tubuhnya dan pembuahan dilakukan secara in vitro.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cc0OwYdpLIM/

Sekilas penjelasan dan macam pemijahan ikan. Namun apa jadinya jika pemijahan dilakukan menggunakan baskom? Hal ini terjadi di negara India. Menurut warganet pada negara ini banyak keunikan yang terjadi. Terlihat pada video yang diunggah oleh akun Instagram @gofishingindonesia.

Pada video ini kita dapat melihat beberapa orang pria yang sedang melakukan pemijahan pada ikan mas dengan menggunakan alat seadanya dan tergolong unik. Pada rekaman tersebut terlihat tiga orang pria sedang melakukan pemijahan.

Satu orang pria berbaju hitam mempersiapkan baskom tempat pemijahan, satu orang pria berbaju hijau memegang ikan mas jantan dan satu orang pria berbaju coklat memegang ikan mas betina.

Ikan-ikan tersebut dibungkus menggunakan handuk. Proses pemijahan diawali dengan pengeluaran sel sprema ikan yang ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih dan peneluaran sel telur yang ditandai dengan butiran-butiran berwarna coklat muda. Kedua jenis sel ini ditampung di dalam baskom kemudian diaduk menggunakan alat pengaduk setelah itu dimasukan ke dalam kolam berukuran besar.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cc0OwYdpLIM/

Aksi ini menarik banyak perhatian warganet, mulai dari caranya dan alat yang digunakan. Banyak warganet yang menyoroti alat aduk yang digunakan, baskom penampungan yang digunakan dan cara pengadukan kedua sel tersebut. seperti apa? Mari kita simak komentar beberapa warganet di bawah ini.

"Tapi yo ngopo thok gowo kartu remi kih," tulis akun @sanykmnt mengomentari alat aduk yang berupa kartu remi.

"Apakh ini yang dinamakan bayi baskom," tulis akun @nadyaess  menyebutnya bayi baskom.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cc0OwYdpLIM/

"Baru tau saya, ternyata modalnya baskom sama kartu," tulis akun @onnyrizal1 heran dengan alat yang digunakan.

"Terlalu kasar ngaduk nya, biasa nya pake bulu ayam," tulis akun @ronaldvina menilai bahwa cara mengaduknya terlalu kasar.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network