10 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

"Terlepas dari tahun yang sulit, banyak penemuan arkeologi dan sejarah terungkap, termasuk geoglyph yang luas di Peru, harta karun mumi, makam Romulus yang legendaris, dan banyak lagi."

Edukasi | 05 January 2021, 02:24
10 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

TamanPendidikan.com - Adanya pandemi dan resesi ekonomi yang menyertainya mengaburkan tahun 2020, sudah jelas bahwa tahun ini adalah tahun terberat bagi umat manusia. Dunia arkeologi juga merasakan dampaknya, karena banyak penggalian dibatalkan atau dibatasi akibat pandemi Covid-19.

Terlepas dari tahun yang sulit, banyak penemuan arkeologi dan sejarah terungkap, termasuk geoglyph yang luas di Peru, harta karun mumi, makam Romulus yang legendaris, dan banyak lagi. Dikutip dari livescience.com, berikut ini penemuan-penemuan arkeologi terbesar sepanjang tahun 2020:

1. Motif Kucing di Nazca
TamanPendidikan.com

Sumber : https://edition.cnn.com/style/article/nazca-lines-peru-cat/index.html

Geoglyph kucing sepanjang 120 kaki yang ditemukan di Peru pada tahun 2020 adalah contoh terbaru dari Garis Nazca yang dapat ditemukan. Geoglyph terkikis parah dan hampir tidak terlihat, tetapi pekerjaan konservasi mengungkapkan gambaran kucing yang lebih lengkap, yang terlihat seperti orat-oret anak-anak. Arkeolog memperkirakan bahwa geoglyph dibangun sekitar 200 SM. dan 100 SM, saat banyak Garis Nazca sedang dibangun.

2. Seni Zaman Es Amazon
TamanPendidikan.com

Sumber : https://www.demilked.com/prehistoric-paintings-found-in-amazonia/

Pada tahun 2020, para arkeolog mengumumkan penemuan "kanvas" seni zaman es sepanjang 8 mil (12,9 kilometer) yang berasal dari 11.800 hingga 12.600 tahun yang lalu. Digambar menggunakan oker, gambar tersebut mencakup penggambaran mastodon, kungkang raksasa, dan binatang buas lain yang sekarang punah yang hidup pada saat itu.

Gambar-gambar ini diambil di perbukitan di atas tiga tempat perlindungan batu di Amazon Kolombia. Gambar-gambar ini juga termasuk cetakan tangan manusia, desain geometris, dan gambar rusa, tapir, aligator, kelelawar, monyet, kura-kura, ular, landak, unta dan kuda, di antara hewan lainnya. Ada juga gambar yang menunjukkan orang sedang berburu hewan dan berinteraksi dengan tumbuhan dan pohon.

Penemuan ini dimungkinkan terjadi berkat perjanjian damai 2016 yang mengakhiri permusuhan antara pemerintah Kolombia dan FARC, kelompok gerilyawan pemberontak. Dengan dimulainya perdamaian, wilayah itu dapat diakses oleh para arkeolog. Live Science mendukung

3. Mumi
TamanPendidikan.com

Sumber : https://chezmaximka.blogspot.com/2017/08/mummies-galore.html

Lebih dari 100 peti mati dengan mumi telah ditemukan di Saqqara, Mesir. Penggalian sedang berlangsung, dan lebih banyak mumi kemungkinan akan ditemukan. Sejak musim panas 2020, para arkeolog Mesir telah menggali serangkaian kuburan di situs Saqqara dan telah menemukan peti mati tertutup dengan mumi di dalamnya yang jumlahnya terus bertambah.

Pada 14 November, jumlahnya mencapai lebih dari 100 peti mati berisi mumi, dan seiring penggalian berlanjut, lebih banyak kemungkinan akan ditemukan. Sejumlah artefak telah ditemukan di dalam peti mati, termasuk 40 patung yang menggambarkan Ptah-Soker, dewa yang merupakan gabungan dari Ptah, dewa Memphis, dan Soker (juga dieja Sokar dan Seker), yang merupakan dewa Saqqara. Semua penemuan berasal dari sekitar 712 SM. dan 30 SM, saat Mesir sering dikuasai oleh kelompok asing, seperti Asyur, Persia, dan Yunani.

4. Makam Romulus
TamanPendidikan.com

Sumber : https://thenewdaily.com.au/news/world/2020/02/22/shrine-tomb-rome-first-king/

Pada Februari 2020, para arkeolog mengumumkan penemuan makam Romulus di bawah Gedung Senat Forum Romawi. Menurut legenda, Romulus mendirikan Roma pada abad kedelapan SM. Dia dan saudaranya Remus seharusnya ditinggalkan saat masih bayi dan dibesarkan oleh serigala betina. Ketika mereka mencapai usia dewasa, kedua bersaudara ini berselisih tentang di mana bukit Roma harus dibangun, dan Romulus membunuh Remus.

Saat ini, sebagian besar sejarawan menganggap cerita tersebut sebagai mitologis dan ragu bahwa Romulus benar-benar ada. Namun, orang Romawi kuno menganggapnya serius dan menempatkan makamnya di bawah Gedung Senat, jantung politik Romawi.

Di dalam makam, para arkeolog menemukan sarkofagus kosong sepanjang 4,5 kaki (1,4 m) yang terbuat dari batu vulkanik ringan, yang disebut tufa, yang digali dari Bukit Capitoline di bawah Forum Romawi. Makam itu telah dipindai dengan laser 3D, dan penggalian di masa depan dapat mengungkapkan lebih banyak detail tentangnya.

5. Pemburu Wanita
TamanPendidikan.com

Sumber : https://www.sciencenews.org/article/female-game-hunters-ancient-americas

Pada tahun 2020, gagasan bahwa laki-laki melakukan semua perburuan besar sementara wanita mengumpulkan tumbuhan dan tumbuhan terbukti salah, ketika para arkeolog menemukan pemakaman seorang pemburu perempuan berusia 9.000 tahun di Peru.

Dia dimakamkan dengan peralatan pemburu yang mencakup titik proyektil dan serpihan, dan dia mungkin telah berburu vicuñas, nenek moyang alpacas yang liar. Ketika mereka menganalisis lebih dari 400 kerangka yang sebelumnya telah digali di Belahan Barat, para arkeolog menemukan bahwa 27 terkubur dengan alat yang cocok untuk berburu hewan besar dan 11 di antaranya adalah perempuan, menunjukkan bahwa wanita sering berburu hewan besar di Belahan Barat.

6. Orang Polinesia Bertemu dengan Penduduk Asli Amerika
TamanPendidikan.com

Sumber : https://www.livescience.com/polynesians-native-americans-dna.html

Sebuah studi besar yang melibatkan pengumpulan DNA dari 807 individu Pribumi dari Polinesia dan pantai Pasifik Amerika Selatan telah mengungkapkan bahwa orang Polinesia dan penduduk asli Kolombia tidak hanya melakukan kontak tetapi juga berkembang biak satu sama lain sekitar tahun 1150 M. Tidak jelas bagaimana kelompok tersebut bertemu, orang Polinesia mungkin telah berlayar ke Amerika Selatan atau sebaliknya. Bagaimanapun, keturunan mereka tinggal di Kepulauan Marquesas, sekitar 4.350 mil (7.000 km) dari pantai Kolombia pada tahun 1200 M, dan secara bertahap bercabang ke pulau lain di Polinesia.

7. Monumen Prasejarah Terbesar di InggrisTamanPendidikan.com

Sumber : https://www.livescience.com/ring-of-pits-near-stonehenge.html

Monumen prasejarah terbesar di Inggris terungkap pada tahun 2020. Berasal sekitar 4.500 tahun yang lalu, selama periode Neolitik, terdiri dari 20 lubang raksasa yang tampak menandai batas-batas lingkaran enklosur sebelumnya. Masing-masing lubang berdiameter 32 kaki (10 m) dan kedalaman 16 kaki (5 m). Lubang-lubang itu membentuk lingkaran yang membentang sejauh 1,2 mil (2 km) dan mencakup area yang lebih besar dari 1,2 mil persegi (3,1 km persegi).

Tidak jelas mengapa lingkaran lubang raksasa itu dibuat. Ada kemungkinan bahwa lingkaran ini membentuk penghalang simbolis yang memberi tahu anggota masyarakat tertentu seberapa dekat mereka bisa sampai ke Durrington Walls. Kemungkinan lainnya adalah lubang-lubang tersebut digunakan untuk menampung air pada musim hujan.

8. Panel Batu Asiria
TamanPendidikan.com

Sumber : https://www.institutkurde.org/en/info/italian-kurdish-team-wins-world-archaeology-award-for-rare-assyrian-carving-1232551904

Sepuluh panel batu Asiria kuno yang menunjukkan ukiran dewa Asiria ditemukan di kanal yang berusia lebih dari 2.700 tahun. Mereka termasuk ukiran Asyur, dewa utama Asiria, yang ditampilkan pada seekor naga. Panel batu ini juga menampilkan istri Ashur, Mullissu, yang duduk di singgasana berhias yang didukung oleh seekor singa.

Penggambaran lain termasuk dewa matahari Shamash di atas kuda dan dewa bulan Sin di atas singa bertanduk. Semua dewa menghadap ke arah air yang mengalir di kanal. Panel dan kanal kemungkinan besar dibangun pada masa pemerintahan raja Asiria Sargon II, yang memerintah dari 722 SM. sampai 705 SM Di panel batu, Sargon II ditampilkan di awal dan akhir prosesi dewa.

Arkeolog mengumumkan penemuan kanal dan panel batu, ditemukan di dekat Mosul, Irak, pada Januari 2020. Pekerjaan untuk mengungkap panel dimulai pada 2012, tetapi ketika organisasi teroris ISIL (juga dikenal sebagai ISIS atau Daesh) mendekati wilayah tersebut, para arkeolog bersembunyi panel untuk mencegah kehancuran mereka oleh ISIL. Akibatnya, panel-panel tersebut tidak sepenuhnya terbuka hingga saat ini.

9. Rumah Panjang Viking Abad Kesembilan yang Kaya di Islandia
TamanPendidikan.com

Sumber : https://www.thetimes.co.uk/article/long-house-treasure-sheds-light-on-arrival-of-vikings-in-iceland-x2v57n905

Pada Juni 2020, para arkeolog di Islandia mengumumkan penemuan rumah sepanjang 130 kaki (40 m) yang dibangun pada abad kesembilan. Rumah ini adalah salah satu bangunan Viking paling awal di Islandia yang ditemukan dan memiliki banyak manik-manik hias dan koin yang ditemukan para arkeolog.

Penemuan ini termasuk koin perak Romawi dan Timur Tengah, serta "hacksilver", potongan perak yang dipotong dan dibengkokkan yang digunakan oleh Viking dan orang lain sebagai emas batangan atau mata uang. Ditemukan juga manik-manik kaca, cincin, pemberat, dan pecahan kecil emas. Orang Viking yang tinggal di sana mungkin telah memperoleh barang-barang itu dengan memperdagangkan ikan paus dan daging anjing laut serta kulitnya.

10.  Struktur Mammoth
TamanPendidikan.com

https://www.nytimes.com/2020/03/17/science/mammoth-bones-circle.html

Sebuah struktur melingkar yang dibangun dari sisa-sisa setidaknya 60 mammoth ditemukan di Rusia. Tulang dari rusa kutub, kuda, beruang, serigala, rubah merah dan rubah kutub, di antara hewan lainnya, juga digunakan untuk membangun struktur ini, kata para arkeolog.

Berasal sekitar 20.000 tahun, struktur itu berdiameter 36 kaki (11 m) dan mungkin memiliki atap yang terbuat dari kulit binatang, kata para peneliti. Tujuan dari struktur ini adalah sedikit misteri. Struktur mammoth ini mungkin digunakan untuk ritual, atau mungkin penyimpanan makanan.

Saat itu, potongan daging hewan masih menempel di tulang sehingga membuat bangunan berbau. Para arkeolog dapat mengetahui bahwa mereka memiliki daging di dalamnya karena beberapa tulang diartikulasikan (disatukan) dengan cara yang hanya dapat dilakukan jika daging masih ada di atasnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network