Viral, Pria Ini Buang Puluhan Ikan Mas Koki Ke Sungai

"Warganet menyayangkan tindakan pria ini, karena mengkhawatirkan ekosistem yang ada di sungai dengan kehadiran ikan tersebut"

Viral | 28 June 2022, 07:33
Viral, Pria Ini Buang Puluhan Ikan Mas Koki Ke Sungai

TamanPendidikan.com - Sebuah video viral di sosial media instaram yang diunggah oleh akun @gofishingindonesia. Video ini memperlihatkan seorang pria membawa beberapa bungkus plastik besar yang berisi puluhan ikan mas koki.

Pria ini berdiri di sebuah muara parit yang mengalirkan air langsung ke sungai. Terlihat sangat deras aliran air yang ada pada parit tersebut. Ia kemudian membuka bungkus plastik tersebut dan mengambil ikan mas koki untuk dibuang ke sungai.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfN-BiqJxs5/

Tindakan pria ini menuai berbagai respon dari warganet yang menyaksikan video tersebut. Beberapa warganet menyayangkan tindakan pria ini, karena mengkhawatirkan ekosistem yang ada di sungai dengan kehadiran ikan tersebut seperti yang ditulis oleh akun @aaalll.di. "Wah parah sih kasihan ikan" Asli di situ pada kalah dalam segi makanan dan tempat tinggal".

Seperti yang kita ketahui ikan mas koki di beberapa negara di anggap sebagai hama yang menggangu ekosistem. Bahkan di Kanada memperingatkan agar warga tidak melepaskan ikan mas ke alam liar. Hal ini dikarenakan ikan mas koki mampu bertahan di udara dingin dan tidak memiliki musuh alami, oleh karena itu di khawatirkan mereka bisa berkembang biak hingga melampaui populasi ikan lokal dan menggangu habitatnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfN-BiqJxs5/

Bahkan selain itu ikan mas koki dapat menyebabkan penurunan kualitas air dengan merusak sedimen dan mencabut tanaman. Ikan ini pula bisa memangsa kecebong dan ikan-ikan yang lebih kecil dari tubuhnya. Dalam video tersebut ikan mas koki yang di lepas ke aliran sungai masih berukuran kecil. Namun tubuh ikan mas koki jika di pelihara bisa mancapai 5 cm, jika di alam liar kemungkinan bisa lebih dari itu.

Tidak diketahui mengapa pria ini membuang puluhan ikan mas koki ke dalam sungai itu. Padahal seperti yang kita ketahui ikan mas koki ini merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki corak tubuh yang menarik sehingga sering dijadikan peliharaan. Harga ikan mas koki ini pun relative menengah ke atas.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CfN-BiqJxs5/

Video berdurasi singkat ini menarik perhatian warganet. Lebih dari 7 ribu pengguna Instagram sudah menyaksikan unggahan ini.

 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network