Jelaskan Pengertian Sepak Bola, Ketahui Sejarah, Teknik, dan Aturan Mainnya

"Sebagai pecinta sepak bola, kalian wajib tahu soal ini!"

Edukasi | 22 August 2022, 03:26
Jelaskan Pengertian Sepak Bola, Ketahui Sejarah, Teknik, dan Aturan Mainnya

TamanPendidikan.com - Sepak bola adalah olahraga paling banyak diminati di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal iu terbukti dengan antusias dari para penonton di setiap pertandingan sepak bola.

Permainan sepak bola terdiri dari 11 orang tiap timnya, dan bergulir selama 90 menit. Di mana, tim yang mencetak gol lebih banyak lah yang berhak menasbihkan dirinya sebagai pemenang.

Dalam aturan bermain sepak bola, setiap pemain boleh menggunakan semua bagian tubuhnya kecuali tangan. Sebab, hanya kiper yang diperbolehkan memakai tangannya.

Bagi kamu pecinta sepak bola, wajib membaca artikel ini untuk memperdalam ilmu pengetahuan Anda tentang olahraga paling populer di jagat raya.

Pengertian Sepak Bola

Mengkutip dari buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), sepak bola adalah permainan yang dilakukan dengan menggiring bola yang memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke gawang tim lawan.

Permainan ini melibatkan pergerakan unsur fisik, mental, motorik kasar dan motorik halus, serta di bangun dengan kekuatan tim yang solid. Pergerakan semua unsur tersebut dilakukan untuk menjaga pergerakan bola tetap dinamis dan melewati garis gawang.

Adapun bola yang digunakan dalam bermain sepak bola yaitu berbentuk oval, di mana setiap pergerakannya dilakukan setiap pemain menggunakan kaki dan hanya penjaga gawang (kiper) yang bisa menyentuh bola menggunakan tangan.

Momen dan peristiwa dari pertandingan sepak bola memang memberikan kesan yang tidak terlupakan dan selalu menarik perhatian untuk dilihat gerakan demi gerakannya. Tidak salah sepakbola menjadi salah satu olahraga favorit di dunia.

Sepak bola dimainkan oleh 250 juta orang di lebih dari 200 negara yang berkomitmen untuk menjadikan olahraga ini wajib dimiliki. Sehingga banyak suporter dan juga keluarga yang berkomitmen untuk tidak melewatkan pertandingan sepak bola, baik liga profesional maupun liga amatir.

Sejarah Sepak Bola

Ada yang mengatakan bahwa sepak bola berasal dari negara China, tetapi ada juga yang menyebutkan jika olahraga ini berasal dari Inggris. Namun desas-desus ini sekarang sudah jelas, karena telah dipastikan bahwa sepak bola sebenarnya berasal dari China.

Sejarah sepak bola modern dimulai pada pada abad ke-18, ditandai dengan berdirinya English Football Association pada 26 Oktober 1863. Kemudian, dua bulan setelah organisasi tersebut berdiri, yaitu pada 8 Desember 1863, dibuatlah peraturan sepak bola modern pertama.

Berselang 41 tahun sejak berdirinya organisasi sepak bola resmi pertama di dunia, federasi sepak bola internasional pertama yang bernama Federation International de Football Assosiation (FIFA) juga dibentuk, tepatnya pada tanggal 21 Mei 1904,

Sementara di Indonesia, sepak bola pertama kali dipopulerkan oleh orang-orang Belanda pada zaman penjajahan. Organisasi sepak bola yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah Nederland Indische Voetbalbond (NIVB).

Sekarang, Indonesia telah memiliki organisasi sendiri yang dikenal dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). PSSI sendiri berdiri pada 19 April 1930. Asosiasi ini menanungi beberapa organisasi sepak bola daerah dan merupakan tindak lanjut dari Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober 1928.

Setelah mengetahui tentang pengertian dan sejarah sepak bola, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas teknik-teknik permainan sepak bola.

Teknik-Teknik Sepak Bola

Pemain sepak bola wajib menguasai teknik di bawah ini untuk bisa memberi kemenangan bagi tim yang dibelanya, antara lain:

1. Drible (Menggiring Bola)
Teknik menggiring bola dilakukan dengan tujuan untuk melewati lawan. Dalam teknik ini, pemain sepak bola membawa bola di kakinya ke arah yang menjadi tujuannya.

2. Menendang Bola (Kicking)
Teknik menendang bola ini wajib dikuasi oleh seorang yang bertugas untuk mencetak gol, yaitu striker. Biasanya, teknik dilakukan dengan menggunakan punggung kaki agar menghasilkan tendangan yang keras.

3. Mengoper Bola (Passing)
Teknik mengoper bola merupakan teknik paling dasar yang harus dimiliki oleh pemain sepak bola. Mengapa? karena kita tahu bahwa permainan ini membutuhkan kerjasama tim untuk meraih kemenangan.

Dengan passing yang bagus, sebuah tim akan dengan mudah menerobos pertahanan tim lawan, daripada dengan teknik drible.

4. Menghentikan Bola (Kontrol)
Kontrol adalah teknik yang digunakan pemain sepak bola untuk menahan bola yang diumpan oleh rekannya. Teknik ini penting dimiliki pemain sepak bola untuk bisa membangun serangan dengan lancar.

Untuk mengontrol bola, pemain bisa menggunakan beberapa bagian tubuhnya seperti kaki, dada, perut, paha, dan kepala.

5. Merebut Bola dari Lawan
Sepak bola tidak hanya tentang mencetak gol saja, tetapi sebuah tim juga harus bisa menahan serangan dari lawannya. Maka dari itu, pemain bola dituntut pandai merebut bola yang sebisa mungkin tidak melanggar.

Dengan memiliki teknik ini, sebuah akan tim memiliki peluang yang lebih besar untuk memenangkan pertandingan.

6. Menyundul Bola (Heading)
Menyundul bola atau heading bisa dilakukan untuk mengoper bola hingga mencetak gol. Gerakan menyundul juga dapat dilakukan untuk membuang bola saat bertahan dan mematahkan serangan tim lawan.

Membaca namanya, tentu kita sudah tahu jika teknik ini dilakukan dengan menggunakan kepala.

Peraturan Sepak Bola

Agar permainan ini menjadi lebih terorganisir dan menari, sepak bola memiliki beberapa aturan yang wajib ditaati, di antaranya:

1. Lapangan

TamanPendidikan.com

Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya

Organisasi tertinggi sepak bola dunia, FIFA membuat atura terkait ukuran lapangan sepak bola profesional untuk orang adalah sebagai berikut:

Panjang lapangan: 100–110 meter untuk pertandingan internasional, boleh 90–120 meter untuk pertandingan biasa.
Lebar lapangan: 64–75 meter untuk pertandingan internasional, boleh 45–90 meter untuk pertandingan biasa.
Luas daerah gawang: panjang 5,5 meter dan lebar 18,32 meter
Jari-jari lingkaran tengah: 9,15 meter
Kotak penalti: panjang 16,5 meter dan lebar 40,32 meter
Jarak titik penalti ke garing gawang: 11 meter
Gawang: tinggi 2,4 meter dan lebar 7,3 meter

2. Bola
Secara umum, berikut spesifikasi bola yang boleh digunakan dalam pertandingan sepak bola.

Bentuk: bulat atau bundar
Bahan: kulit
Ukuran lingkar keliling 68–70 cm
Berat: 410–459 gr
Tekanan udara bola: 0,6 – 1,1 atm (600 – 1.100 g/cm²)

3. Jumlah Pemain
Jumlah pemain dalam masing-masing tim sepak bola terdiri atas 11 pemain. Satu di antaranya bertugas sebagai penjaga gawang.

Jumlah pemain bisa berkurang jika ada pemain yang melakukan pelanggaran dan mendapatkan kartu merah. Pemain yang mendapatkan kartu merah tidak boleh melanjutkan permainan dan sanksi di laga berikutnya.

Hukuman ini bisa satu, dua, atau bahkan tiga pertandingan. Tergantung bobot pelanggaran yang pemain lakukan.

Satu tim masih bisa melanjutkan permainan apabila jumlah tidak kurang dari 7 pemain. Jika lebih sedikit dari itu, pertandingan tidak bisa dilanjutkan dan dinyatakan kalah walk out.

Sementara untuk pergantian pemain, bisa dilakukan sebanyak 3–7 kali, tergantung dari peraturan kompetisi atau turnamen yang diikuti.

4. Perlengkapan yang Wajib Digunakan Pemain
Setiap pemain sepak bola dilarang menggunakan atribut apa pun yang bisa membahayakan diri sendiri ataupun pemain lain sepanjang pertandingan (seperti perhiasan).

Berikut perlengkapan dasar yang wajib digunakan dan diikuti oleh para pemain adalah:

- Seragam Tim
Apabila pemain ingin menggunakan kaus dalam, warnanya harus sama dengan warna jersey yang digunakan.
- Celana pendek
- Kaus kaki
- Pelindung tulang kering (shinguards)
- Sepatu

5. Durasi Permainan Sepak Bola
Pertandingan sepak bola berlangsung dua babak, dengan rincian waktu sebagai berikut:

Durasi pertandingan dalam satu babak: 45 menit
Waktu istirahat: 15 menit
Tambahan waktu: durasi tergantung penilaian wasit berapa lama waktu dalam pertandingan terbuang karena adanya hal-hal yang menghambat pertandingan, seperti pelanggaran, ada pemain yang cedera, atau insiden-insiden lainnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network