Bertemu Trenggiling di Hutan Sawit Malah Dikira Babi

"Lugu dan lucu, seorang pria mengira trenggiling sebagai babi."

Viral | 23 August 2022, 01:47
Bertemu Trenggiling di Hutan Sawit Malah Dikira Babi

TamanPendidikan.com - Seekor trenggiling didapati berkeliaran di areal hutan sawit. Dengan lugu dan lucu, seorang pria mengira trenggiling ini sebagai babi.

Trenggiling ini berlari kecil menjauh saat didekati oleh perekam video. Trenggilang nampak awas dan menghindar berinteraksi dengan manusia.

TamanPendidikan.com

https://www.facebook.com/reel/1051144542262436

Video seekor trenggiling yang didapati berkeliaran di areal hutan sawit ini diunggah oleh akun @Sanggau City di Facebook. Mulanya, di tayangan itu, nampak trenggiling tengah berdiam di bawah pohon sawit. Keberadaan trenggiling ini bikin kaget sejumlah orang yang tengah beraktifitas di area hutan sawit tersebut.

"Ini apa ini? Babi kah?" tanya salah seorang.

"Ini trenggiling," kata seorang lainnya menjelaskan.

Ucapan salah mengira trenggiling sebagai babi ini bikin perekam tertawa. Mungkin, karena situasi yang berisik tersebut, trenggiling pun jadi terganggu. Trenggiling lalu pergi menjauhi sekelompok orang yang menghampirinya.

TamanPendidikan.com

https://www.facebook.com/reel/1051144542262436

Dilansir dari situs resmi WWF dan National Geographic, trenggiling merupakan hewan mamalia yang seluruh tubuhnya ditutupi sisik. Trenggiling memakan semut, rayap dan larva sering. Trenggiling juga dijuluki sebagai "pemakan semut bersisik". 

Sisik di seluruh tubuh trenggiling berfungsi untuk melindungi diri dari predator. Ketika merasa terancam, trenggiling akan menggulung dirinya seperti bola yang keras. Trenggiling juga mengeluarkan cairan yang bau dari kelenjar di dasar ekornya.

Sayangnya, keberadaan trenggiling banyak diburu oleh manusia karena diyakini berkhasiat sebagai obat. Trenggiling termasuk hewan yang paling banyak diperdagangkan secara ilegal di dunia sehingga terancam punah.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network