Jelaskan Pengertian Ekonomi, Ketahui Sistem Serta Cabang Ilmunya

"Bagaimana sistem serta apa saja cabang dari ilmu ekonomi? Simak penjelasan berikut ini"

Edukasi | 10 September 2022, 02:30
Jelaskan Pengertian Ekonomi, Ketahui Sistem Serta Cabang Ilmunya

TamanPendidikan.com - Secara umum, ekonomi dikenal sebagai ilmu pengelolaan sumber daya. Mempelajari serta mengetahui seluk-beluk ekonomi tentu dapat menciptakan kesejahteraan secara merata.

M. Manullang berpendapat ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya kemakmuran. Kemakmuran adalah kondisi dimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

Ilmu ekonomi menurut penjelasan dari Adam Smith adalah ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

Sejalan dengan pendapat dari Adam Smith, menurut Gregori Mankiw Ilmu ekonomi ialah sebuah cabang ilmu yang di dalamnya memperlajari tentang bagaimana cara masyarakat dalam mengelola sumber daya yang langka.

Untuk lebih mengerti tentang bagaimana sistem serta cabang ilmu dari ekonomi. Maka, simaklah penjelasan berikut ini.

Sistem Ekonomi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa jenis dari sitem ekonomi, antara lain:

1. Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional adalah sistem ekonomi yang identik diterapkan di masyarakat pedesaan dengan hasil ekonomi berupa pertanian. Cara transaksi yang digunakan dengan cara bertukar barang sebab hasil dari alam dan tenaga manusia adalah modal utama di masyarakat dalam sistem tersebut.

2. Sistem Ekonomi Komando

Sistem ekonomi komando adalah sistem yang terpusat, dan terdominasi. Sebagian besar sistemnya akan dikendalikan oleh pemerintah yang terlibat dalam proses produksi mulai dari peralatan hingga ke fasilitasnya.

3. Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah sistem yang mengkombinasikan sistem ekonomi pasar dan komando. Pada prakteknya pemerintah dan pasar akan bekerja sama dalam mengelola sumber daya yang ada.

4. Sistem Ekonomi Sosialis

Sistem ekonomi sosialis adalah sistem yang masyarakatnya memiliki kesetaraan dalam kepemilikan atas faktor-faktor produksi seperti pekerja, pengusaha, modal dan sumber daya alam yang dimiliki oleh masyarakat namun dalam pengelolaannya diatur oleh negara secara penuh.

5. Sistem Ekonomi Pasar

Sistem ekonomi pasar adalah organisasi yang dijalankan oleh masyarakatlah yang menentukan bagaimana perekonomian akan berjalan, bagaimana pasokan dihasilkan hingga tuntutan apa saja yang diperlukan.

6. Sistem Ekonomi Liberal

Sistem ekonomi liberal adalah sebuah sebuah sistem ekonomi yang di mana semua anggota masyarakat diberikan kebebasan oleh negara untuk melakukan kegiatan ekonomi.

7. Sistem Ekonomi Kerakyatan

Sistem ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang berlandaskan demokrasi ekonomi. Jadi, semua kegiatan ekonomi di bawah kendali setiap anggota masyarakat, kemakmuran dan kesejahteraan anggota masyarakat adalah yang paling utama.

Cabang Ilmu Ekonomi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa cabang dari ilmu ekonomi, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Ilmu Ekonomi Publik

Ilmu ekonomi publik yaitu cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian.

2. Ilmu Ekonomi Moneter

Ilmu ekonomi moneter merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya.

3. Ilmu Ekonomi Regional

Ilmu ekonomi regional ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang interaksi ekonomi antar wilayah dan proses perkembangan suatu wilayah

4. Ilmu Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kegiatan perekonomian antar bangsa atau antar bangsa.

5. Ilmu Ekonomi Industri

Ilmu ekonomi industri merupkan cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan pembahasan pada interaksi berbagai perusahaan dalam industri.

6. Ilmu Ekonomi Syariah

Ilmu ekonomi syariah ialah cabang ilmu ekonomi syariah bertujuan untuk menerapkan ekonomi syariah.

7. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam

Ilmu ekonomi Sumber Daya Alam adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network