Jelaskan Pengertian Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Berikut Makna Serta Manfaatnya

"Apa makna serta manfaat dari menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa? Simak ulasannya di sini"

Edukasi | 12 September 2022, 02:40
Jelaskan Pengertian Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Berikut Makna Serta Manfaatnya

TamanPendidikan.com - Makna pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dapat diartikan bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan isi kandungan dari Pancasila.

Pancasila bukan hanya sebatas sebagai dasar negara Indonesia. Keberadaan pancasila menjadi pandangan hidup bagi bangsa Indonesia.

Pasalnya, unsur-unsur yang berada di dalam pancasila tersebut tersusun dari beragam pandangan hidup dari masyarakat Indonesia sendiri.

Agar mengerti lebuh dalam tentang pacasila sebagai pandangan hidup bangsa, maka simaklah penjelasan singkat berikut ini.

Makna Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangasa

TamanPendidikan.com

Pexels.com

Pancasila merupakan sebuah dasar dari negara Indonesia. Secara otomatis, masyarakat atau bangsa Indonesia akan menjadikan pancasila sebagai pedoman atau sebuah pandangan dalam hidup. Berikut adalah makna dari pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, yaitu:

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Pada sila pertama memiliki makna bahwa sebagai warga negara Indonesia harus mempercayai dan bertakwa pada Tuhan. Sesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang dianut oleh masing-masing.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Pada sila kedua memiliki makna bahwa sebagai warga negara Indonesia kita harus memahami bahwa setiap manusia memiliki derajat yang sama, sehingga kita harus saling menghargai satu sama lain. Saling menjaga dan membantu sesama, membela kebenaran dan keadilan, dan bekerjasama untuk kedamaian negara kita

3. Persatuan Indonesia

Pada sila ketiga memiliki makna bahwa kita harus menempatkan kesatuan, persatuan, dan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Pada sila keempat memiliki makna bahwa menghimbau kita agar tidak memaksakan kehendak pada orang lain. Terkadang kita akan menemukan perbedaan pendapat dan cara pandang. Namun, kita harus menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Pada sila kelima memiliki makna untuk terus mengembangkan perbuatan luhur dengan cara kekeluargaan dan gotong royong, selalu bersikap adil. Kita harus seimbang antara hak dan kewajiban dengan juga menghormati hak-hak orang lain.

Manfaat Menjadikan Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

TamanPendidikan.com

Pexels.com

Melansir dari buku Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi oleh Kemenristek. Berikut manfaat menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, antara lain:

1. Bangsa Indonesia senantiasa menjadi bangsa yang berdiri kokoh sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. 

2. Pancasila akan menjadi pedoman untuk pemecahan sebuah permasalahan yang dihadapi bangsa.

3. Pancasila sebagai pedoman bangsa Indonesia dalam membangun diri sendiri dan berhubungan dengan bangsa-bansa lain. 

4. Pancasila sebagai acuan, untuk menata kehidupan pribadi atau interaksi di antara manusia, dalam kehidupan bermasyarakat serta alam sekitar. 

5. Pancasila menjadi penunjuk arah bagi bangsa Indonesia di segala kegiatan, aktivitas hidup, dan kehidupan berbagai bidang.

Itulah uraian singkat mengenai pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda semua.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network