Jelaskan Pengertian Salat Berjamaah, Ketahui Hukum, Dalil, dan Keutamaannya

"Simak ulasan tentang salat berjamaah di bawah ini!"

Edukasi | 04 November 2022, 04:17
Jelaskan Pengertian Salat Berjamaah, Ketahui Hukum, Dalil, dan Keutamaannya

TamanPendidikan.com - Sebagai umat yang beragama tentu kita memiliki kewajiban untuk beribadah. Begitu juga umat muslim tentunya ada kewajiban yang harus dilaksanakan, salah satu kewajiban itu adalah salat. Setiap muslim wajib menunaikan ibadah salat lima waktu dalam sehari semalam.

Ibadah salat bisa dikerjakan sendiri atau secara berjamaah. Salat berjamaah ialah salat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka menjadi imam dan yang lainnya menjadi makmum.

Hukum salat wajib yang dikerjakan secara berjamaah adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan orang muslim.

Anjuran tentang salat berjamaah tertuang dalam Hadis Rasulullah SAW, artinya: “Salat berjamaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dalil Tentang Salat Berjamaah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa dalil yang behubungan dengan salat berjamaah berikut ini:

1. HR. Muslim

Artinya:

“Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang perkara yang akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dan juga mengangkat beberapa derajat?” Para sahabat menjawab,”Tentu, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda,”Menyempurnakan wudhu’ pada saat yang tidak disukai, banyak melangkah ke masjid-masjid, dan menunggu shalat setelah melaksanakan shalat. Maka, itulah ar-tibath (berjuang di jalan Allah).”

2. HR. Abu Daud dan  An-Nasai

Artinya:

“Tidaklah tiga orang di suatu desa atau lembah yang tidak didirikan shalat berjamaah di lingkungan mereka, melainkan setan telah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian (shalat) berjamaah, karena sesungguhnya srigala itu hanya akan menerkam kambing yang sendirian (jauh dari kawan-kawannya).”

3. HR. Muslim

Artinya:

“Barangsiapa shalat isya’ secara berjamaah maka seakan-akan dia melakukan shalat separuh malam. Barangsiapa shalat subuh berjamaah maka seakan-akan dia shalat seluruh malam.”

4. HR. Bukhari dan Muslim)

Artinya:

“Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding shalat sendirian.”

5. HR. Abu Dawud

Artinya:

“Ada tiga golongan yang semuanya dijamin oleh Allah Ta’ala, yaitu orang yang keluar untuk berperang di jalan Allah, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalu memasukannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala dan ghanimah, kemudian orang yang pergi ke masjid, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalau memasukkannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala, dan orang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam, maka ia dijamin oleh Allah.”

Keutamaan Salat Berjamaah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang akan kita peroleh saat istiqomah dalam melaksanakan salat berjamaah, antara lain:

1. Mereka yang melakukan sholat secara berjama’ah akan terhindar dari gangguan syaitan.
2. Allah SWT akan menghapuskan kesalahan-kesalahan bagi mereka yang sholat berjama’ah serta akan meninggikan derajat mereka..
3. Allah SWT akan menaunginya di hari kiamat kelak.
4. Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang melaksanakan sholat secara berjama’ah.
5. Sholat berjama’ah dapat menghindarkan seseorang dari sifat nifak.
6. Bagi mereka yang melaksanakan sholat berjamaah di masjid merupakan tamu Allah SWT, dan Allah SWT akan selalu memuliakan tamu-tamu-Nya.
7. Allah SWT menjanjikan surga bagi mereka yang sholat secara berjama’ah.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network