Nenek Ini Cuci Motor Baru Pakai Air Kembang

"Hal tersebut dilakukan karena si pemilik motor atau mobil tersebut mengharapkan akan keselamatan bagi pemilik dan juga motornya."

Viral | 09 November 2022, 03:30
Nenek Ini Cuci Motor Baru Pakai Air Kembang

TamanPendidikan.com - Ada sebuah tradisi khususnya pada masyarakat Jawa di mana ketika mempunyai kendaraan baru baik itu motor atau mobil selalu diguyur atau dimandikan dengan air kembang.
Terlepas belinya itu pakai cara kredit atau kontan yang jelas sesampainya di depan rumah sang pemilik biasanya harus dimandikan.

Tradisi tersebut masih berlangsung di sebagian masyarakat Indonesia, khususnya daerah di Jawa. Hal tersebut dilakukan karena si pemilik motor atau mobil tersebut mengharapkan akan keselamatan bagi pemilik dan juga motornya.

Hal tersebut juga yang terlihat dalam video yang diunggah oleh akun instagram @ andreli_48. Dalam video tersebut menayangkan seorang nenek tua renta yang sedang mencuci motor pakai air kembang. 
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Ckp5oyvpqMe/?hl=id

Nenek tua berpakaian kebaya itu tampak sedang memandikan motor PCX 150 CC berwarna merah yang masih baru dan belum mempunyai pelat nomor polisi.

"Tradisi budaya negri yang masih melekat. Motor baru mandi kembang, apakah ada yang pernah lakukan...?," tulis caption dalam unggahan video.

Di teras rumahnya, nenek tua itu memandikan motor PCX dengan air kembang mawar digayung yang dipegangnya. Dengan berjalan tertatih tatih, ia mengusap usap bagian pelat nomor dan juga kaca depan motor dengan air kembang mawar.

Sontak warganet pun memberikan beragam komentar dan video tersebut juga mendapatkan ribuan tanda suka dari warganet.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Ckp5oyvpqMe/?hl=id

"sy ngga lakuin sih, cuma ketika habis beli, trus dibawa pulang ketempat mertua, tau tau disana udah dimandiin pake airnkembang πŸ˜‚," ujar akun @ anamichii.

"Wujud syukur... Habis dimandiin kembang terus sedekah makanan. Biar yg lain jg merasakan senang... Kalo yg pikirannya beda, ga tau lagi... Dicap sesat mungkin😁," ungkap akun @ margy_nc.

"Di tempatku jika beli kendaraan meskipun seken. Pasti yg empunya membuat sedekahan nasi gudangan pakai telur, tempe, dsb. Kemudian dibagikan tetangga sekitar.," ujar akun @ sudarwanto_wongsodiharjo.

"Alhamdulillah kalo daerah saya udah gaada. Tapi diganti acara selametan sebagai tanda syukur ke Allah SWT atas rezeki yang diperoleh dan semoga ketika memakai motor atau mobil yang di selametin di jauhkan dari hal-hal buruk," ungkap akun @ a__annatasyaa18.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Ckp5oyvpqMe/?hl=id

"Sama kayak aku ka andreli waktu beli mobil mandi kembang sama selamat an biar aman di jln πŸ‘πŸ‘," jawab akun @ riysii.

"Kearifan lokal , yg tidak melakukannya jgn menghujat ya teman2," ucap akun @ fcadabi_iin.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network