Cara Menggunakan Webcam Eksternal di Laptop Paling Mudah

"Begini 7 Langkah yang Harus Kamu Ikuti."

Edukasi | 16 December 2022, 05:00
Cara Menggunakan Webcam Eksternal di Laptop Paling Mudah

TamanPendidikan.com - Cara menggunakan webcam eksternal di laptop sangatlah mudah. Namun, jika Anda belum mengetahuinya, yuk simak artikel ini hingga tuntas.

Sejak adanya pandemi Covid-19 awal tahun 2020 lalu. Hampir semua aktivitas manusia beralih ke virtual, baik itu dalam pekerjaan ataupun kegiatan belajar mengajar.

Oleh sebab itu, laptop menjadi kebutuhan utama. Sayangnya, webcam bawaan pada laptop tidak bisa digunakan secara maksimal atau kurang jelas, sehingga dibutuhkan kamera eksternal saat melakukan pertemuan secara online.

Kamera Video Konferensi yang juga dikenal dengan Kamera Web (Webcam) adalah kamera yang dirancang penggunaannya pada World Wide Web. Kamera Web sekarang harganya turun dengan cepat yang menjadikannya sebagai suatu produk pasar massa.

Pada kamera web Xcam2 yang bentuknya kecil, tetapi mempunyai kemampuan kamera video yang dapat diletakkan di mana saja dan dapat mentransmisikan video berwarna ke TV, VCR atau pada PC (Personal Computer).

Webcam secara sederhana terdiri atas kamera digital yang tersambung dengan komputer. Webcam terintegrasi dengan komputer melalui port USB (sebelumnya kamera terhubung ke komputer melalui port paralel).

Cara kerja webcam tidak jauh berbeda dengan cara kerja kamera tradisional yang berbasis film, yaitu memilih obyek yang akan direkam dengan menggunakan jendela pengintai.

Baiklah, setelah kalian mengetahui sedikit tentang webcam eksternal. Sekarang, mimin akan memberikan tutorial cara menggunakannya.

Cara Menggunakan Webcam Eksternal di Laptop
Ada 7 langkah yang bisa kamu ikuti, berikut urutannya;

1. Nyalakan laptop Anda, kemudian pasang webcam eksternal dan colokkan USB nya.
TamanPendidikan.com

YouTube wajiralfa

2. Untuk menunjang performa webcam eksternal, biasanya Anda harus menginstall aplikasi tambahan seperti cyberlink, atau manycam.

3. Setelah aplikasi tambahan tersebut diunduh, silahkan buka.

4. Check terlebih dahulu apakah webcam tersebut sudah tersambung ke laptop. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu buka file manager kemudian pergi ke Device Manager. Selain itu, kamu juga bisa melihatnya dari control panel.
TamanPendidikan.com

YouTube srisuharti 1212

TamanPendidikan.com

YouTube srisuharti 1212

5. Untuk menggunakan webcam nya, kita coba aja yaa di Zoom.
TamanPendidikan.com

YouTube srisuharti 1212

6. Setelah Anda masuk ke halaman utama Zoom, pilih menu Start Video, lalu aktifkan Logitech HD Webcam nya.
TamanPendidikan.com

YouTube srisuharti 1212

7. Webcam eksternal kini sudah bisa kamu gunakan untuk meeting via online. Mudah bukan?

Perlu diingat, kamu perlu mengembalikan settingan awal dari kamera laptop jika webcam eksternal yang kau tambahkan sudah dilepas. Jika tidak mengembalikan pengaturan seperti semula, ada kemungkinan kamera laptop yang kamu miliki tidak bisa bekerja dengan normal saat dibuka tanpa menggunakan webcam eksternal.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan webcam eksternal di laptop. Terima kasih sudah menyimak, dan semoga artikel ini bisa membantu.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network