Jelaskan Pengertian Ancaman, Berikut Jenis, Contoh, dan Cara Mengatasinya

"Cermati penjelasan di bawah ini!"

Edukasi | 05 January 2023, 03:00
Jelaskan Pengertian Ancaman, Berikut Jenis, Contoh, dan Cara Mengatasinya

TamanPendidikan.com - Secara umum, definisi ancaman adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok tertentu yang berpotensi membahayakan keselamatan individu atau kelompok lain.

Pendapat lain mengatakan bahwa ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Pandangan berbeda disampaikan oleh seorang ahli bernama Treats, yang mengatakan bahwa ancaman adalah terjadinya situasi penting yang ada pada sebuah perusahaan maupun yang lainya di mana di dalamnya sedang tidak menguntungkan.

Pada dasarnya ancaman dilakukan dengan tujuan untuk mengubah tatanan yang awalnya damai menjadi berantakan dan hancur. Jadi, dengan adanya hal tersebut maka dibutuhkan adanya persatuan dan kesatuan dalam menyelesaikan berbagai ancaman yang terjadi.

Banyak hal menarik yang perlu dikaji mengenai ancaman tersebut, hal apa saja yang perlu kita pahami dan apa yang dapat kita pelajari. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Jenis Ancaman

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Secara garis besar ancaman dibedakan menjadi dua bagian, yakni ancaman militer dan ancaman non-militer. Nah, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Ancaman Militer

Ancaman militer adalah sebuah ancaman yang menggunakan kekuatan senjata dan dilakukan secara terorganisasi. Misalnya seperti aksi teror bersenjata, gerakan separatis, pemberontakan bersenjata, perang saudara, dan gerakan makar.

2. Ancaman Non-Militer

Ancaman non-militer adalah jenis ancaman yang memiliki karakteristik berbeda dengan jenis ancaman militer di mana tidak ada sifat fisik serta bentuknya yang tidak terlihat secara kasat mata. Misalnya seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi.
Informasi.

Contoh Ancaman

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Di bawah ini adalah beberapa contoh dari ancama yang dapat kita ketahui, antara lain yaitu:

1. Pembangunan infrastruktur dan ekonomi yang tidak merata di daerah-daerah tertentu sehingga menyebabkan ketimpangan sosial.

2. Serangan jaringan teroris internasional.

3. Sebagian masyarakat masih gagap teknologi alias gaptek sehingga tidak dapat mengikuti perkembangan zaman dan mudah termakan hoaks.

4. Terjadi pemberontakan angkatan perang Ratu Adil di Kota Bandung pada Januari 1950.

5. Serangan simultan dari dalam dan atau didukung dari luar.

6. Badan spionase asing melakukan serangan cyber terhadap sistem komputer Amerika Serikat pada 2008.

Cara Mengatasi Ancaman

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ancaman memang sebuah tindakan yang sangat berbahaya, namun bukan berarti ancaman tidak dapat dibendung. Maka dari itu, berikut adalah beberapa upaya atau cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sebuah ancaman, yaitu:

1. Memperketat pembatasan dengan negara lain.
2. Meningkatkan pembangunan.
3. Menanggulangi dan mengatasi ancaman militer dalam negara.
4. Menjunjung sikap toleransi yang tinggi.
5. Melatih tentara lebih disiplin lagi dalam menjaga daerah perbatasan.
6. Meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM).


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network