Jelaskan Pengertian Desain Grafis, Ketahui Tujuan, Jenis, dan Keuntungan Menjadi Graphic Designer

"Desain grafis itu apa? Berikut ulasannya!"

Edukasi | 05 January 2023, 04:00
Jelaskan Pengertian Desain Grafis, Ketahui Tujuan, Jenis, dan Keuntungan Menjadi Graphic Designer

TamanPendidikan.com - Desain grafis dapat didefinisikan sebagai ilmu multidisiplin yang kebanyakan melibatkan Seni Rupa dan Ilmu Komunikasi.

Media yang dapat digunakan dalam desain grafis juga banyak, dapat berupa media cetak ataupun non-cetak. Desain grafis menghasilkan produk yang tidak mementingkan nilai guna, namun lebih digunakan untuk memenuhi kebutuhan psikis.

Di masa kini serta dengan seiring berkembangnya media digital, desain grafis juga semakin menjadi trend untuk sebuah pekerjaan yang sangat diminati.

Graphic designer merupakan sebutan bagi pelaku atau mereka yang melakukan pekerjaan desain grafis. Graphic designer adalah orang yang memiliki spesialisasi dalam menginterpretasikan pesan dalam bentuk gambar.

Graphic designer adalah seorang komunikator visual. Mereka biasa melakukan tugasnya dalam menciptakan konsep visual secara manual, atau dapat menggunakan software komputer.

Untuk memahami lebih lajut tentang desain grafis silahkan simak penjelasan di bawah ini. Seperti apa jenis hingga keuntungan apa yang didapat oleh seorang graphic designer.

Desain Grafis Menurut Para Ahli

Simak beberapa definisi tentang desain grafis menurut beberapa ahli di bawah ini.

Jessica Helfand

Desain Grafis adalah kombinasi yang kompleks antar teks dan gambar, angka dan grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seseorang yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang unik, sangat berguna, mengejutkan atau subversif dan mudah diingat.

Suyanto

Desain grafis dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri (yang biasa disebut seni komersil).

Danton Sihombing

Desain Grafis adalah mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi

Warren

Desain Grafis adalah Suatu terjemahan dari ide dan tempat kedalam beberapa jenis urutan struktural dan visual.

Blanchard

Desain Grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni, dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

Tujuan Desain Grafis

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Desain grafis hadir dengan tujuan tertentu, di bawah ini adalah beberapa tujuan hadirnya sebuah desain grafis di lingkup perusahaan, antara lain:

1. Membuat bentuk-bentuk grafis seperti ilustrasi produk, logo, dan website
memilih warna, gambar, font, dan juga layout

2. Membuat konsep dari segala informasi yang diberikan oleh klien.

3. Mengilustrasikan konsep dengan membuat draf kasar dari ilustrasi dan copy-nya.

4. Melakukan quality check terhadap ilutrasi sebelum dicetak atau dipublikasikan.

5. Mempresentasikan hasil ilustrasi yang sudah dibuat kepada klien atau art director.

Jenis Desain Grafis

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa jenis atau kategori dalam desain grafis yang perlu dipahami, antara lain adalah:

1. Desain Grafis Pemasaran

Desain grafis pemasaran merupakan jenis desain grafis dengan tujuan marketing. Jenis desain ini umumnya banyak digunakan dan ditemukan.

2. Desain Grafis Web

Desain grafis web adalah jenis desain grafis yang berfokus pada halaman web saja.

3. Desain Grafis Kemasan

Desain grafis kemasan adalah jenis desain grafis yang bertujuan untuk menambah nilai jual produk dan sebagai sarana untuk mempromosikan sebuah produk.

4. Desain Grafis Visual Identity

Desain grafis visual identity adalah jenis desain grafis yang berkaitan dengan pembuatan identitas merek.

Keuntungan Menjadi Graphic Designer

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang graphic designer, maka anda akan memperoleh beberapa keuntungan seperti berikut ini:

1. Dapat menghemat anggaran anda

Dengan kemampuan desain grafis yang anda miliki, maka anda tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar untuk membayar jasa graphic designer.

2. Fleksibilitas dalam memilih pekerjaan

Dengan kemampuan desain grafis yang anda miliki, maka menawarkan jasa desain grafis melalu internet bukanlah hal yang sulit di era digital. Bahkan hal tersebut bisa menjadi salah satu kerja sampingan untuk anda.

Selain itu, jika anda ingin bekerja menjadi graphic designer di kantor baik di agensi maupun in-house, tentu saja kesempatan itu juga terbuka sangat lebar.

3. Peluang kerja yang luas

Di era digital hampir semua brand akan mempromosikan diri baik secara offline maupun online. Tentu saja salah satu caranya dengan mengomunikasikan campaign mereka lewat visual.

Jadi, lowongan pekerjaan sebagai graphic designer sangat luas dan hampir semua perusahaan membutuhkannya untuk membantu mereka dalam mempromosikan brand.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network